Jumat, 29 Juni 2012

CUT SARI (Cuti Satu Hari)


Penataran di KUA


Urusan pencatatan nikah secara negara memang agak membutuhkan birokrasi yang panjaaang.. setelah surat-surat syarat daftar nikah lengkap semua, kita dikasih jadwal Kurcatin alias kursus calon pengantin. Disitu tertulis beberapa hari dan tanggal yang bebas kita pilih sesuai dengan jadwal yang mana kita bisa hadir. Penataran ini sih konon katanya wajib sebagai pembekalan pra-nikah dan termasuk salah satu program pemerintah untuk menekan angka perceraian. Nah, sebagai catinlehah alias calon pengantin yang sholeh dan sholehah :p kita akhirnya memilih satu tanggal untuk berpartisipasi yaitu Kamis, 28 Juni 2012 dimana tanggal ini adalah tanggal terakhir penyelenggaraan penataran sebelum bulan Ramadhan.

Yakk, sebelumnya sudah mengajukan izin ke kantor begitupun Rendra. Start jam setengah 8 dari rumah menuju KUA Kebayoran Baru. Sesampainya disana ruamee, ruangan sekecil itu rame banget sama pasangan muda mudi yang akan merajut tali cinta *eaa lebay gue, dan secara ngga sengaja si Rendra ketemu sama temen SD, terus merekapun reunian plus kangen-kangenan.

Awal masuk daftar dulu, isi absen, isi form untuk sertifikat dan dimintai uang sumbangan serela-nya seikhlas-nya, bayar. Terus selain sertifikat kita dapet buku, dan juga majalah tentang pernikahan. 


Sempet kaget juga diruang tunggu ada penganten yang udah siap kondean plus kebayaan. Ternyata dihari itu ada yang nikah dan ruangan tempat penatarannya dipake buat Akad Nikah, rencana mulai jam setengah 9 molor hingga setengah 10. Aku dan Rendra bingung ngapain ya? Mau duduk bangku penuh semua, Rendra mah asik aja ngerokok sambil sibuk nelepon *maklum marketing ngga bisa beneran libur, aku iseng-iseng aja deh liat papan pengumuman, eeh menemukan nama Mbak penyanyi “Satu Jam Saja” yang pernikahannya rada kontroversial.

toss!
Mending isi perut deh karena kita juga belum sempet sarapan, akhirnya makan mie ayam dulu didepan KUA, daaaan itu mie ayam enaaakkk, niat awal mau mesen setengah eh satu porsi abissss tak bersisa.. hahaha.. Setelah lap-lap mulut yang belepetan abis makan, kita langsung menuju lantai 2 ruangan dimana penataran berlangsung. Ihiyy udah mulaiii, jadi malah kita telat masuk ruangan. Aku dan Rendra mengambil posisi duduk di row belakang.

Ibu Nina sedang cuap-cuap

Didepan sudah ada yang mengisi materi, namanya Ibu Nina, beliau psikolog, sepanjang ceramahnya aku sama Rendra saling sahut-sahutan, berisik, ngga bisa diem, nyeletuk melulu..

N : kalau sudah menikah, ada tuh istri yang terlalu cemburuan sama suami, sampai-sampai apa-apa telfon, sms, bawaannya curiga, kamu lagi sama siapa? Sudah sampai mana? Sekarang kamu duduk disebelah siapa? Dikantor ada berapa orang yang masuk?......

Audience : ketawa cengar-cengir..

(R : Rieke R: Rendra)

R: tuh dengerin tuuuuhh

R: yeeee... ogah amat aku begitu

R : dengeriiin tuh dengeriiiin..
R : emang selama ini aku pernah begitu?
R : engga

Skak! :P

N : suami juga, kalau manggil istri dengan lemah lembut, bahasa yang baik, yang sopan, jaga hatinya, jangan nyuruh dengan bahasa yang kasar misalnya “ehh tin, sapuin tuh kamar, kotor banget sih..”

R : tuhh dengeriin tuh kamuu tuhh dengeriiin..
R: ah nantimah aku bodo amat, “dul.. bikinin minum cepet!!!”
R : au ah! *malingin muka*

Dan seterusnya..

sempet-sempetnya foto-foto :D

Lucu sih emang, yang lain kayaknya mukanya pada serius-serius amat, sementara kita? Becanda, ceng-cengan sambil ngayal yang gila-gila.. dan terserimpet kata “kita udah siap belon ya begitu?” wkwkwkw..


Sesi bersama Ibu Nina diakhiri dengan membaca do'a sebelum bersenggama, eeeh.. beneran loohh.. kita disuruh baca berulang kali bersama-sama *kayak anak SD gitu* terus Ibunya bilang jangan lupa juga sholat dua rokaat sebelumnya. Inga-inga! :P



si bapak kocak..


Sesi ke dua diisi sama bapakk.. aduuhh hampura pak lupa pisan namanya si bapak. Yang jelas bapak ini lucu, kocak, sama sih lebih menceritakan pengalaman-pengalaman beliau menikahkan, ada yang hari minggu baru dinikahin eh hari kamis dia mau cerai karena ngga tahan sama suaminya yang suka ngungkit-ngungkit, adalagi beliau pernah menikahkan orang bisu yang sama sekali tidak bisa bicara, dan hanya menjawab  kalimat ijab qobul dengan anggukan, hihii.. macem-macem deh cerita pengalaman seputar pernikahan. 

Intinya pernikahan itu harus sakinah saling tenang, rukun, tentram, mawaddah saling penuh dengan cita dan warrahmah penuh dengan kasih sayang. Kalau cinta bisa habis sebatas fisik yang akan terus menua, tapi sayang? Akan kekal selamanya. Oya terus diusahain sebelum akad nikah baik cpw maupun cpp harus punya wudhu, perkara nanti batal soal lain, yang penting niat kita suci dengan berwudhu.


simulasi Akad Nikah

Sesi yang ketiga lebih kepada teknis pelaksanaan Akad Nikah, jadi banyak yang salah arti nih, maksudnya satu nafas itu bukannya ngga nafas dan tahan nafas, hihii.. jadi maksudnya yakin mantap menjawab “saya terima..” nah, sebenarnya sampe disitu saja sudah sah, seterusnya apabila terseok-seok ngga masalah, eits tapi asal ngga salah sebut nama istri atau bapaknya yaa..

Pokoknya ijab qobul sebaiknya jangan dihafal, karena itu otak yang berbicara, sebaiknya dibaca karena bisa lebih yakin dan mantap serta hati yang berbicara *sedaaaapp. Terus ngga boleh ada kata lain sebelum “saya terima..” misalnya kan ada tuh yang pake ucap bismillah dulu, nah ga boleh tuh, jelas ga sah, setelah wali bilang “tunai..” langsung kudu dijawab sigap “saya terima..”

Ayoo Piy.. yang mantep ya nanti.. :D

Oke, setelah penataran selesai kita dibagiin sertifikat, dan langsung harus ketemu sama penghulu masing-masing. Kebetulan kita dapet penghulunya kepala KUA, Bapak Zamroni, dan kita adalah pasangan antrian terakhir yang ketemu beliau. Lamaaa nunggunya, kita berdua aneh sendiri, kok yang lain cepet banget, kalau yg ketemu Pak Zamroni lama banget.

Ketemu Pak Zamroni, periksa kelengkapan dokumen, periksa nama dan gelar apa sudah bener, terus ditanya mas kawinnya apa, kita bilang menyusul, karena belum fix tentang nominalnya, jenis mas kawinnya sih sudah tahu, terus kita juga dinasehatin kembali tentang pernikahan, kalau si Bapak ini lebih ke kata Ikhlas, harus ikhlas dalam menjalani bahtera rumah tangga. Dan untuk biaya penghulupun langsung kita bayar, biar ngga ribet dihari H. Beres.

Hurayy.. akhirnya sampe juga cinta kita dibawa ke KUA. ;)))))))


Next destination is Mangga 2, ke vendor Lovely Cards

display undangan di Lovely Cards

Menelisik pada vendor undangan nan jauh dimato.. aku berbahagia hidup dijaman yang udah ada email, jadi dengan ringkesnya kita email-emailan desain, kirim, bales, kirim, bales, kirim, bales, begitu seterusnya. Hmmm.. perdebatan soal warna, template dll juga terjadi diantara aku dan Rendra, dikala aku dengan semangatnya bilang “beeeebb aku baru dikirimin desain nih sama lovely cards, bagus yaaaaaaaaaaaaaaa.” Dan dia cuma jawab “itu pink? Ya.. bagus” *glek! Jelaslah bilang bagusnya setengah hati, sementara aku udah kesenengan jadi mendadak lunglai, revisi again.

Setelah kurang lebih dibuatkan 6 desain dan berubah warna hampir belasan kali, aku dan Rendra menemui kesepakatan juga. Alhamdulillaaaaaah,.. still ya, temanya hijau, coklat, yaa pokoknya ngga jauh-jauhlah dari kombinasi warna itu, *warna pink pun akhirnya dicoret. Nah, giliran desain, warna setuju, eehh mendadak lovely cardsnya jadi dongdong banget, semua nama kebalik-balik, nama ayah ibu salah semua, nama gelar Rendra juga, dan udah 3 kali email masih belum dibenerin juga.. Oh Tuhaan.. emang gangguan ada aja dah.. ngerti juga sih, mungkin mereka lagi kebanyakan order, jadi  apa yang harus dibenerin kelewat.

narsis-narsisan! teetup..

Jadilah waktu cuti ini dimanfaatkan buat ke workshopnya lovely cards, buat mendampingi revisi. Sampe disana beruntung banget lovely cards sepi (kalau hari libur jangan harap), ada kokohnya yang baik hati itu menyambut dan bilang “kalian kapan sih?” “September koh” “waduhh acc sekarang ya kalau bisa, full soalnya” alamaaakk untung aja kita berinisiatif dateng.

thanks bang! tangannya gesit bener ngedit.

Desain kita langsung diedit sana sini, kurang ini itunya dibenerin, foto sedikit diedit, font sedikit dirubah, penambahan peta yang secara kreatifnya dijiplak dari google maps, karikatur Rendra rambutnya dibikin spike, nyesuain warna amplop, terusss hmmm yaudah diprint deh..  jadi? Acc? Aahhh bismillaaahhh...


heyy.. that's our invitation..

Selesaiii sudah cuti di hari kamis yang manis, nice progress.

Cupsssss!

Love ya'

R&R

1 komentar: