Kamis, 05 Desember 2013

Dokter R

Kalau disetiap postingan tersebut Miy R, Piy R, Baby R semua juga pasti tau kalau R yang dimaksud adalah Rieke, Rendra dan si kecil R yang masih dirahasiakan namanya, yang jelas untuk menyeragamkan huruf awal, kita sepakat menamai si kecil dengan awalan R juga (niatan sebelum hamil malah) hehehe.

Sedikit cerita, bahwa waktu diawal-awal nikah, aku kepengeeeen banget langsung isi, sedangkan Rendra selalu bilang setahun dulu yaa.. huh.. entah kenapa aku sebeel banget dia sok sok nunda gitu, bagiku ngapain lagi sih ditunda, toh orang yang mau hamil aja banyak yang susah dan nunggu lama, padahal niatannya ngga nunda. Segala macam yang bisa mendukung juga aku jalanin, dari minum susu, vitamin, buah ini itu, posisi begini begitu, tapi yah mau dipaksa kayak apa juga belum berhasil. Tapi, aku sering kali mengalami ke-ge-eran yang luar biasaaaa, mual dikit pasti geer, telat haid sehari langsung testpack, browsing segala macam dunia kehamilan dll. Meski kadang sedih waktu liat hasilnya negatif, tapi aku tetap semangat dan percaya pasti Allah kasih bulan depan, dan seterusnya.

Buat yang mengalami ke-ge-eran hamil, jangan khawatir, itu bagus malah, karena setidaknya kita masih yakin percaya dan harapan terus tetap ada, dibanding tidak percaya diri dan justru acuh. Anggaplah waktu yang tersedia ini dikasih untuk kita lebih mempersiapkan diri. Nah, berdasarkan pemikiran itulah aku mulai me-list dokter kandungan dan rumah sakit, kalau-kalau nanti hasilnya positif aku tahu harus kemana, dan nggak bimbang sana sini.

Beberapa kandidat sudah ada, dan aku lebih memacu pada review orang-orang (via blog, twitter ataupun forum ibu-ibu hamil), pengalaman bersama dokter tersebut bagaimana. Kebanyakan sih memang nominasinya adalah dokter laki-laki yang ganteng, sedangkan aku sepertinya lebih nyaman dengan dokter perempuan, nominasinya nggak banyak dan ada 1 nama yang benar-benar memenuhi kriteria, yaitu praktek di RS yang deket rumah, pro-normal, pro-imd, pro-asi, dokter yang mengedukasi (ngga bikin parno), dan lumayan banyak review juga rekomendasi dari akun @infohamil (via twitter) wahh makin semangat lagi deh milih dia, plussss namanya?? Kok R juga?? Dok.... kita jodoh sepertinya..... hihihihi

And she is...

Dr. Riyana Kadarsari, SpOG

Yang sering buka the urban mama pasti ngga asing lagi ya sama dokter yang satu ini, dulu praktek di Sari Asih Ciledug, tapi sekarang hanya praktek di RS. Hermina Ciputat dan Klinik Permata Bintaro. Ya, hanya ke dokter Riyana aja tujuanku saat control BabyR, ngga punya tujuan atau niat coba dokter lain. Kesan pertama juga sangaaaaaaaaaaaaaaaat bagusssss, dan asik bangetlah dokternya, simpel ngga ribet dan ngga neko-neko kasih vitamin macem-macem asal ibunya makan sehat insyaallah bayinya sehat. Jadi ibu hamil harus banyak gerak, jangan diem aja dan tenggelem dengan segala ketidak nyamanan, latihan pernafasan, jangan nganggep lahiran itu gampang karena melihat pengalaman orang lain -  mudah karena dia telah melewati proses dan pembelajaran serta persiapan yang cukup, baca buku yang banyak, gali informasi sedini mungkin, tulis semuanya di diary, nikmatin segala prosesnya. Begitu saran dari dokter...

Sejak ketemu dokter R juga aku ngga terlalu khawatir sama omongan orang soal mitos-mitos yang terlanjur berkembang dan menjadi kepercayaan. Setiap pertanyaan juga dijawab dengan jelas, contoh :

Apakah berhubungan suami istri di trimester 1 itu berbahaya?
Tentu tidak, masih bisa dilakukan kok, memang banyak mitos bilang kalau berhubungan saat kandungan masih dibawah 3 bulan dapat menyebabkan keguguran, salah besar, semua aman, Cuma terbatas pastinya karena kenyamanan istri tentu berbeda saat hamil dengan tidak hamil, lalu jaman dulu juga belum ada usg, kalau sekarang segalanya bisa dicek kondisinya seperti apa, normal atau tidak ada gangguan atau tidak.

Dok, boleh waxing ngga?
Boleeeeeeeeeeeh, aman kok itu/tidak beresiko..

Dok, naik motor tiap hari dengan perjalanan jauh gimana? Bahaya ngga?
Aman aja, asal jangan bawa motornya, dibonceng aja yaa.. abis naik motor rajin-rajin stretching/angkat kaki biar ngga pegel.

Susu hamil dan vitamin wajib ngga dok?
Enggaaa, kamu makan makanan bervariasi,  jenis sayur  5 macem minimal tiap hari, buah, minum air putih 2 liter, jangan makan yang tidak matang. Kamu kerja kan? bawa cemilan dari rumah, jangan sampe kelaperan. Ngga usah pake susu atau vitamin juga ngga masalah.

Dok, kalau ibu hamil kena paparan asap rokok gimana?
Siapa yang ngerokok? Bapaknya? Suruh dia jauh-jauh kalau mau ngerokok, didepan komplek aja gitu, kalau bisa ya berhenti.

Pake krim muka gitu bahaya ngga dok?
Hindari deh sebaiknya, pakai yang alami saja... hormon aja itu sih, nanti juga kamu cantik lagi

Dok, kata orang-orang kok aku hamilnya ngga keliatan?
Ngga keliatan gimana, kan tadi di usg ada bayinya, sehat, normal, kamu juga tinggi soalnya, jangan dipusingin itu mah.

Dok, berat badan aku turun ngga kenapa-kenapa ya?
Nggak apa-apa, asal ngga drastis, lagian bagusnya memang juga naik tapi ngga drastis, 1kg perbulan cukuplah, lebih baik sari makanannya keserap semua sama baby kan, dari pada kamunya yang gemuk banget.


Dok, kok antrii bangett sihh sekaranggg?? 
Mana gue tau, nih tanya dia nih (sambil nunjuk susternya - terus nenggak jus melon)

Hahahhaa..

Yang terakhir beneran kejadian waktu aku cek babyR pas umur 16w, saat itu aturan antri di RS nya berubah dan aku dapet nomor paling buntut, dimana dia sepertinya udah cape, tapi jadi lebih asik dan lucu aja konsulnya.. hahhaa.. love u dok!

Sedikit tips ya dari aku buat kamu memilih obygn, mau cewe mau cowo sebenernya sama aja, pertimbangannya juga ke letak RS, biayanya, trus klik ngga dihati, pasti bumil bisa deh ngerasainnya, sesuai nyamannya kamu aja, jadi saat control menjadi saat yang asik buat kamu, bukan bikin parno dan takut, justru sebaliknya bisa bikin semangat dan lebih menikmati kehamilan.


So, kalau sudah cocok dengan 1 dokter ya percayakanlah semua kepadanya, apapun saran, masukan, dan keputusannya nanti pasti yang terbaik untuk kita. Aamiin insyaallah.


See ya' on the next post!

R&R&BabyR

6 komentar:

  1. samaaaa mbaaa.. aku juga sama dokter Riyanna, emang cihuy banget deh ini dokter, suami ku aja sampe nge-fans berat sama beliau hihihi.. alhamdulillah dengan beliau juga bulan februari kemarin bisa lahiran VBAC dengan jarak sama si kakak cuma 13 bulan hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaahh sama ya di dokter riyana juga, di rs mana say? hermina juga kah??

      Hapus
    2. Haii mba putri..ak lg ma dr riyana jg nih..beliau sabar nungguin ak mules bwt vbac..dlu tipsnya gmn mba bs berhasil vbac nya?

      Hapus
    3. Haii mba putri..ak lg ma dr riyana jg nih..beliau sabar nungguin ak mules bwt vbac..dlu tipsnya gmn mba bs berhasil vbac nya?

      Hapus
  2. nice share..cant wait to see dokter riyana

    BalasHapus
  3. brp biaya tiap kontrol mba? biaya lahirannya brp?

    BalasHapus