Rabu, 29 Januari 2014

Pregnancy Skin Care

Hallo bumils, busui, buker (ibu-ibu kerja), butang (ibu rumah tangga) dan bucalmil (ibu-ibu calon hamil).. hayyahh ngga jelas banget ya istilahnya.. hahaha.. pokoknya buat semua yang baca, mampir atau tiba-tiba kesasar, makasih udah nengokin blog ini, semoga ada sedikit manfaat yang bisa di ambil ya.. asiik.. hihi..

Terlepas dari fenomena alam yang terjadi akhir-akhir ini seperti banjir dan chaosnya jalanan Jakarta, sebagai bumil kita ngga boleh stress yaa.. do what makes you happy! Makan yang enak-enak (dan sehat tentunya), banyakin buah juga sayuran plus air putih *ngomong sama kaca*, dengerin musik, nyanyi-nyayi, minta pijitin suami juga ampuh sih ngatasin kelelahan karena seharian aktifitas. *uhuk*

Tiba-tiba lagi mood nih ngomongin skin care, sebenernya blog aku yang ini yang harusnya bahas soal beginian, cuma karena lagi hamildun, boleh lah ya dishare disini juga, nanti dishare disana juga deh.. *nasib punya blog banyak bikin bingung*

Okey, mari dimulai..

“Bumil ngga boleh pake apa-apa, udah polos aja, jangan pake ini, jangan pake itu, nanti ngaruh ke janinnya!!”

Refot ya bu ibu jadi ibu hamil, segalanya kudu dipikirin ada dampaknya nggak ke janin, yaaa bener banget sih, tapi yang jadi garis besar aku adalah ngga semua produk bahaya buat kulit ibu hamil kok, ada juga produk yang memang aman dan kita butuhin, yg tidak mengandung mercury dll, yang tidak menimbulkan pengelupasan, apalagi pasti perubahan-perubahan yang dialami bisa mengganggu dan menurunkan kadar kepercayaan diri.

Bagiku problem yang utama dimuka adalah jerawat, karena memang tipe kulitku berminyak dan gampang banget jerewi-an, jaman sebelum tau hamil bener-bener jerawat keluaaarr semua, kecil-kecil di jidad dan pipi, juga dagu deng.. eeehh ada yang gede nya juga satu dua bijik. Ishhhh sangat teramat beteeeee. Karena teracuni oleh timeline dokter Simon, aku mesen semua produk perawatannya (sabun muka, cream malam, cream jerawat, cream anti komedo, cream pagi dan toner)  dengan harapan akan kesembuhan. Belum lama creamnya dateng dan sempet pake beberapa hari, aku test pack dan dinyatakan hamil -ohhh jadi perubahan yang lumayan drastis ini karena aku hamil toohh-pantesaaaan, dan seketika langsung stop semua produk dokter which is baru dipake ngga sampe seminggu.

Terus harus gimana-in nih muka?? Berikut aku review satu-satu yaa..



1. Cetaphil

Tahu cetaphil dari review buanyak orang katanya bagus dan formulanya amaan banget buat kulit sensitif dan bayi sekalipun. Para selebs juga sering memasukkan cetaphil kedalam list beauty product mereka. So? Karena doyannya menjelajah blog, teracuni juga aku buat beli. Justru beli ini udah lamaaa banget di online shop dengan harga yang lumayan pricey , eits tapi karena ukurannya juga gede jadi ya sama ajalah jatohnya.

Bentuknya cair, mild, ngga ada baunya sama sekali, pas dibasuh ke muka juga ngga berbusa yang heboooh. Aku cocok banget, karena ngga nimbulin efek yang gimana-gimana, justru muka aku jadi lebih lembut sehabis cuci muka, ngga perih, ngga kering, ngga kaku. Good!

2. Avene Thermal Spring Water

Pertama kali liat avene itu juga dari review beberapa blogger, sempet pengen banget nyoba karena liat instagramnya Aldo Akira yang menggunakan ini sebelum dia nge-make-up in orang. Daaaan ternyata fungsinya banyaaak banget, bisa buat muka kemerahan abis treatment, sunburn, kulit kering, jerawat, infeksi dll. Karena berbahan dasar air, jadi jelas lah aman yaaa..

Biasanya aku pake ini kapan pun dan dimanapun aku mau, efeknya enak banget ke muka. Dan merah-merahnya jerawat juga berkurang, cairannya cepet nyerep dan nggak lengket. In loooveeee banget deh sama produk ini, selalu aku bawa kemana aja aku pergi, semacam refreshment muka sepanjang hari.

3. Wardah Pure Olive Oil

Wardah punya dua produk untuk minyak zaitunnya, yaitu yang kecil ini buat muka dan yang satu lagi botolnya agak besar buat massage. Jangan sampe ketuker loooh kalau mau beli. Hihi.. aku pake olive oil ini buat ngebersihin muka sehabis make up atau pake maskara yang waterproof, dan katanya juga ampuh buat ngurangin mata panda, olesin sebelum tidur.

4. Minyak Zaitun Mustika Ratu

Selama hamil perut meregang dan membesar, pastinya ngerasain gatel ya ibu ibuuu.. wajar banget, dan untuk mengurangi gatal dan katanya bisa timbul stretch mark, aku rajin olesin zaitun ini sebelum tidur keseluruh perut, sambil diusap-usap, sambil ngajak ngobrol baby R juga.. hehehe.. bahkan kadang aku usapin keseluruh badan, kaki, tangan, sambil pijet-pijet sendiri biar relax.

5. SK II Facial Treatment Essence

Siapa yang ngga tau FTE?? Semua pere pasti tau yah.. dan sudah banyak review juga tentang produk ini pluuuusss harganya yang aduhai lumayannya. *hiks.. sempat ragu apa FTE aman buat ibu hamil? Banyak googling justru banyak juga yang bilang macem-maceeemm, sampe aku liat di fbnya SK II Indonesia bagian notes FAQ nya, alhamdulillah keraguan itu terjawab. FTE aman buat ibu hamil karena juga berbahan dasar air, atau orang sering bilang magical water. *trriiingg*

Aku pake ini dituang sedikit ketelapak tangan terus dioles dan tepuk-tepuk perlahan ke muka, kenapa ngga pake kapas? Aduh cyiin setetes FTE kayaknya sangatlah berarti dan ngga rela buat nyerep begitu aja ke kapas. Efeknya? Aahh seneng banget, perlahan jerewinya kempeeess, muka juga jadi lembut, kenyal, merah-merah jauh berkurang. Aku pake FTE pagi dan sebelum tidur.

Worth to try!

6. Bodyshop Tea Tree Blemish Fade Night Lotion

Nggak tahu juga ini aman nggak untuk bumils.. huehe.. tapi kandungan bodyshop diclaim aman dan no animal testing. Yaaa.. jaga-jaganya sih pake ini ngga pernah tiap hari, paling enggak dua – tiga kali seminggu. Agak angettt pas dioles ke muka, tapi juga ngga ada efek yang aneh atau malah memperparah. So far cocok dimuka aku. Digunakan setelah pemakaian FTE malam hari.

7. Lanaige Water Sleeping Pack

Produk ini juga berbahan dasar air, sebenernya ngga ada spesifikasi buat ngobatin jerawat sih, cuma aku concern ke kesehatan kulit muka juga, biar ngga kering aja. Dan lanaige cocok banget buat akuuuu.. selang seling pemakaiannya sama Tea Tree. Seneng tiap kali bangun tidur, muka alus waktu dipegang, ngga kelewat berminyak. Happy!

8. Body Butter Mustika Ratu (Olive Oil)

Entah kenapa lagi suka wangi olive oil gitu, dan produk mustika ratu yang varian olive oil juga wanginya enak semuaaa.. aku pake juga sabun dan scrubnya.. enaaaakkkeeeuuuun... jadi wanginya soft ngga nyenget gituuu, so relaxing.

Body butter menurutku memang lebih lengket dari handbody, jadi makenya dikit-dikit aja dan tentunya di area yang gampang kering kayak siku, tumit, telapak kaki.

9. Saripohatji

Maskeran? Iya.. dan pilihanku jatuh pada bedak dingin saripohatji ini, jadul banget emaaaang, waktu jerawatan pas smp aja aku udah pake ini, belinya ditukang jamu gendong. Naaah sekarang karena derasnya perkembangan jaman, saripohatji bisa dipesen di onlineshop dengan harga yang murceeee bingitssss.

Karena namanya juga bedak dingin, pas diolesin ke muka diiingiiiin, terus keringnya cepet banget, kadang suka retak dan berhamburan kemana-mana hahaha.. jadi pakenya sebentar aja. Abis maskeran pake ini muka rasanya fresh, jerawatnya juga jadi cepet kering, yang pasti aman karena jamu tradisional dan terbukti eksistensinya sejak tahun 1927. WOW!

10. Kangen Water (Beauty Water dan Strong Acid)

Jauh sebelum aku pake Avene justru aku pake ini duluan, efek dari follow soal food combining dan kangen water. Akhirnya penasaran dan beli. Setelah nyoba sampe setengah botol efeknya sih ngga terlalu kerasa banget, malah airnya ngga cepet kering, jadi meleber basah terus kalau aku semprot sering-sering. Akhirnya kangen water ini aku pake buat campuran saripohatji aja deh.

***

Itulah kurang lebih produk yang aku pake selama hamil, dirutinin aja lah yaa.. semua juga butuh proses, dan alhamdulillah sudah jauh membaik muka ku, meski masih ada jerawat kecil-kecilnya dan merah kadang, tapi sudah jauh lebih mendingan daripada awal-awal kehamilan, atau mungkin efek sudah lewatnya trimester awal juga kayaknya.

Tips

Sebenernya kita harus teliti aja buat milih skin care, ngga hamil aja harus pinter milih, apalagi lagi hamil, ya kan? hindari produk yang mengandung bahan berbahaya seperti mercury, dan juga produk-produk whitening. Terus is oke kalau mau make up-an, masa hamil ngga boleh cantik? Boleh dooong. Asal sehabisnya dibersihin banget-banget dan kalau bisa tidak rutin pake make upnya, sesekali saja. Teruuuussss jangan dulu deh pake produk dokter, pastiin tidak mengandung bahan yang berbahaya, apalagi krim-krim gazebo yaa.. aduuhh jangaaann! Sayangi kulitmu, ngga selamanya jerawat itu jelek, dan ngobatin jerawat ngga ada yang instant, butuh proses dan kesabaran.

Good luck!!!


WARNING : Semua yang aku review ini berdasarkan pengalaman sendiri, tidak bermaksud untuk mempengaruhi, dan hasilnya bisa berbeda-beda tergantung kecocokan dan jenis kulit kita masing-masing!

12 komentar:

  1. teh..such a good review..langsung dicatet ini mah buat persiapan hamil..thank you teh :*

    BalasHapus
  2. Ngga hamil juga bisa pake atuhh syg.. hehehee.. sama2, semoga cocok juga yah. :*

    BalasHapus
  3. Halloo..
    aku kebetulan lagi promil & lagi giat2nya googling review skincare untuk ibu hamil, kemudian nyasar ke sini :)
    kalo Laneige Sleeping Mask nya aman buat bumil kan ya? mau coba tapi masih maju mundur takut berpengaruh ke janinnya. Mohon infonya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. so far di aku sih aman aman aja sayyy... :)

      Hapus
  4. Hay sis.. Kalau liat dari tanggal publishnya sekarang pastinya udah gak hamil ya, hehe. Gimana hasilnya sis ? Apa ngaruh ke janin atau janinnya sehat2 aja ? Soalnya saya lagi hamil dan saya pake produk basicnya SK II + laneige water sleeping mask. Sampai sekarang masih takut2 terus kepikiran apa babyku gakpapa didalam perut ini. Tolong sharing ya sis ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sehat2 aja sis alhamdulillah.. sampai anak ke dua juga masih pake kok..kalau kamu ga yakin di konsul aja sama dokternya. :)

      Hapus
  5. Hay sis.. Kalau liat dari tanggal publishnya sekarang pastinya udah gak hamil ya, hehe. Gimana hasilnya sis ? Apa ngaruh ke janin atau janinnya sehat2 aja ? Soalnya saya lagi hamil dan saya pake produk basicnya SK II + laneige water sleeping mask. Sampai sekarang masih takut2 terus kepikiran apa babyku gakpapa didalam perut ini. Tolong sharing ya sis ;)

    BalasHapus
  6. Cetapil belinya dmn sis ?
    Owya kalau water esseen dari missha itu aman ga ya. Buat bumil ?
    Trs pakai toner apa sis yg aman buat bumil ?

    BalasHapus
  7. Hay sis, sangat lama sekali mungkin yah bagiku untuk comment di sini hehhehe

    Tp pda intinya 1 perihal yah heheh..

    Aku lg jalan 3 bulan sis,
    Aku barusan beli trial kit yg Moisture nya, apakah aman untuk aku sis ?

    BalasHapus