Kamis, 07 Agustus 2014

Assalamualaikum Rinjani (Ceritanya Melahirkan Part I)

Sebenernya Mamiy udah sering banget cerita tentang proses kelahiran kamu saat temen, saudara atau tetangga nengokin kamu waktu baru lahir, tapi rasanya blog ini juga perlu mencatat moment “spesial” itu nak, jadi boleh ya mamiy cerita.

Hari-hari menjelang 9 bulan mamiy udah gundah gulana soal penentuan jadwal cuti, takut kelamaan disebelum ngelahirin dan sedikit banget waktu mamiy buat ngurus kamu sendiri. tapi mamiy selalu afirmasi kan ya ke kamu kalau “nak, please.. kamu kalau mau lahir setelah tanggal 25 April ya..” hehe *kamu tahu lah alasannya kenapa*

24 April 2014

Berangkat kerja seperti biasa pagi-pagi masih naik motor, kok rasanya mamiy udah begaaaaahh banget, penekanan kamu juga makin-makin, pinggang juga maknyoosss, ngantukkk, rungsiiiing deh pokoknyaa.. mamiy udah ngga semangat banget buat kerja, pengennya tiduran aja dirumah.. hikss..

Malemnya juga mamiy ngga bisa tidur ya nak.. mendadak campur aduk rasanya, trus sedih, trus nangis sendirian sementara papiymu tertidur dengan pulasnya. Akhirnya daripada sedih mamiy nyikat kamar mandi malem-malem.. entah apa yang ada dalam pikiran mamiy.

25 April 2014

Bangun agak lebih pagi, karena mamiy udah request ke papiy minta kalau hari ini ngantornya naik mobil aja, mamiy udah nggak kuat motoran. Sepanjang jalan mamiy tidur-tidur ayam, merem tapi sambil meringis, kamu kayaknya lagi dorong-dorong cari jalan lahir, feeling mamiy sih nak, abis mamiy kan nggak tau rasanya kontraksi beneran apa kontraksi palsu, jadi sambil zikiran aja nikmatin semuanya.

Dikantor mamiy juga bolak-balik kamar mandi terus, berasa ngga bisa nahan pipis, berasa mules tapi nggak pup, berasa ada yang mau keluar tapi entah dari mana. Hihii.. ngaco deh mamiy niiih.. biar ngga terlalu kerasa mamiy beberes meja aja, beberes kerjaan, sampe bikin surat cuti buat tanggal 28 April tapi belum diajuin, secara Pak Puguhnya nggak ngantor, akhirnya semua mamiy beresin dan surat cuti mamiy taro diatas meja.



Sorenya mamiy semangat karena jadwal kontrol juga kaaann, mamiy selfie dulu, upload juga di path, terus banyak yang kasih love looh nak.. hihii.. mamiy makin semangat karena papiy kamu ngga telat jemputnya *biasanya kan selalu telat ya nak.. aahh kamu juga tau kan papiy gimana* eh- trus-ternyata-papiy ada acara dulu di Cabang Pondok Indah, mamiy dititipin di Mc.D sambil nunggu. Huffffffffff... mamiy sebeeel banget tuh nak sama papiy, selalu aja ngga bisa bilang izin dulu keq, kan kamu lebih penting.

Sejam.. dua jam.. mamiy udah cape nunggu, akhirnya mamiy kesel dan nekad mau ke RS sendirian aja. Ternyata diluar juga hujan rintik-rintik, aaah mamiy makin panik, mau nyari taksi ngga ada yang bersedia ngangkut, katanya macet bu.. binguuung.. akhirnya ada tukang ojek lewat dan nawarin “ojek bu?” “boleh deh bang, ke ciputat ya..” tanpa pikir panjang mamiy langsung naik ke motor, aduuh nak kebayang kan perut mamiy udah guede plus nahan buat nggak terlalu nempel sama abangnya.. hooosshhh.. hooosshh.. ampuun deh perjuangan bangeet, pas nyampe di RS nya mamiy langsung daftar, timbang, tensi dan antri. Alhamdulillah sampe sebelum jam 8 malem, dan seperti biasa memang pasiennya dokter Riyana penuhhhh terus.

Papiy akhirnya dateng nak, sambil marah-marah ke mamiy.. huhu.. mungkin bukan marah ya tepatnya tapi khawatir, abis gimana.. mamiy kalau udah keliwat kesel suka nekad, ngga sabaran, soalnya mamiy udah punya firasat kayaknya kamu mau keluar, jadinya pengen buru-buru.

Dan... bener aja.. pas di USG posisi dan ketuban semua bagus, terus dokter Riyana bilang kita cek dalem dulu yaa.. aaaakk.. mamiy takut nak, ngebayangin dicek dalem itu sakitnya kayak apa... dokter Riyana pake sarung tangan, terus dikasih gel gitu, terus mamiy disuru tarik nafas daaan masuk jlep.. wowww.. udah pembukaan 2.. KAGET!! Tuh kan feeling mamiy bener... dan seketika papiy kamu loncat dari tempat duduknya “JADI MAU LAHIR NIH DOK SEKARANG?” hahaha.. ya belum pak, kita CTG dulu yah kalau mulasnya sudah banyak harus stay kalau belum, boleh pulang dulu.


Rasanya di CTG seru, mamiy suru pencet tombolnya saat kapanpun mamiy ngerasa ada pergerakan dari kamu, jadi harus bener-bener konsentrasi.. geraaakkk-pencet.. geraaaaaakk-pencet.. sementara papiy kamu panik mondar-mandir ke kamar mandi, mules katanya.. haisss.. yang mau lahiran siapa yang mules siapa. Lucu yaa..

Hasil CTG menunjukkan kalau mulasnya belum bagus, jadi boleh pulang dulu. Mamiy sama papiy pulang tuh akhirnya terus om Ali sama Nenek, nyusulin juga ke rumah. Semua panik dan excited menyambut kedatangan kamu nak.. sampai dirumah mamiy beberes baju yang memang kebetulan belum diberesin.. mamiy niatnya baru mau beberes baju hari sabtu, tapi kenyataan berkata lain dan sekejap baju-baju itu bisa masuk tas dan siap dibawa.

26 April 2014

Mamiy, papiy dan nenek ke RS jam 1 malem, karena mamiy udah keluar flek darah banyak. Hikss padahal mamiy maunya entar aja ke Rsnya, besok pagi aja.. mamiy mau tidur pules dulu.. takut nggak bisa tidur kalau udah di RS. Sampe di RS mamiy dibawain kursi roda sama suster. Aaah mamiy ngga mau “sus, ngga usah pake kursi roda, saya masih bisa jalan kok sus” mamiy langsung naik ke lantai  2 ruang bersalin VIP.

Pas masuk ruang bersalin, udah ada bidan jaga yang siap ngurusin mamiy selama dokter belum datang. Udah berasa mules bu? Yang dirasain apa? Kita periksa dalem lagi ya? Oke!!! Katanya “udah pembukaan 3 bu..” syukurlaahh..trus mamiy disuru istirahat, tidur, ngumpulin tenaga biar kuat ngedennya. Bener aja kaaan, kalau di RS malah deg-degan. Mamiy ngga bisa tidur,  ngga bisa merem, yang ada zikiran terus aja sambil nonton tv, jalan-jalan disekitar kamar dan goyang inul diatas bola.

Paginya, dokter Riyana udah dateng, kebetulan lagi ada pasien yang mau lahiran juga, ada yang normal dan cesar. Waaahh.. ikut seneng denger tangisan bayi, dan mamiy jadi nggak sabar mau ngelahirin kamu juga nak.. hihi.. mamiy jalan-jalan aja deh kelilingin rumah sakit, ditemenin sama papiy. Muka nggak cucok banget padahal, tapi cuek ajalaaah namanya juga bumil mau brojol udah nggak mikirin touch up.

Balik lagi ke kamar, katanya mau dicek cek lagi, tadi sih sama bidan katanya udah pembukaan 5.. oohh ayolah nak cepet keluarnya, mamiy sudah mulai engap di “obok-obok” teruuuuuuus. Giliran dokter Riyana yang nge-cek katanya udah mau ke 6, udah mulai melunak. Duh duuhh.. makin dug dug serrr.. mamiy males makan takut kepengen pup hihi.. tapi sama nenek selalu disuapin makanan, lontong, gorengan, buah, pokoknya harus ada yang dimakan, biar ada tenaganya. HAP HAPPPP!! MAMIY MASIIIIIIIH SEMANGAAAAAAAAAAAAT!

Lanjut ke jam 1 siang.. dicek pembukaan LAGI dan katanya masih 6.. ayooo nak ayooo....
Sementara itu masih aja berkutat sama bola, goyang-goyang, jalan-jalan, zikiran, makan, minum, becanda sama meringis-ringis kesakitan.. nikmatnyaaa...



Segala peralatan buat lahiran udah disiapin sama suster-suster, sampe tempat ngangetin bayinya nanti yang lahir juga udah disediain. Disetelin musik juga katanya biar rileks.. hayyaaahh... mamiy seketika cireumbay.. sebentar lagi ya nak?


Lanjut ke jam 3 sore.. dicek pembukaan LAGIIIIIIIIIIII dan sudah masuk di 7.... terus entah kenapa itu air ketuban blesssssss.. angetttttttttt bangetttt... pecahlaaaahh sudah... bidannya bilang mamiy udah nggak boleh jalan-jalan lagi, diem aja diatas tempat tidur. Baiklaah...

Mulesnya nak makin menjadi-jadi, rasanya? Jangan ditanyaa... campur aduk.. mamiy udah pasrah seadanya.. mamiy ngga sama sekali meronta-ronta, memaki-maki, atau teriak-teriak.. mamiy lebih fokus ke hal-hal yang indah nanti bareng kamu, saat liat kamu pertama kali, saat kita nanti jalan bareng ke mall pake stroller baru.. pokoknya yang seru-seru bayanginnyaaa.. sampe-sampe nini (mertua) bilang “ke, kamu teriak aja gak apa-apa yang kenceng, jangan ditahan” hehee.. enggak ni, mamiy memilih untuk tetep fokus dan mengalilhkan rasa sakit ke ayat-ayat Allah biar jadi ladang pahala, karena mamiy bukan ahlinya ibadah, makanya bagi mamiy inilah moment berserah diri pada Allah sang MAHA SEGALANYA yang sayang buat dilewatin begitu aja.

Dokter Riyana cek pembukaan LAGIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII katanya? Masih di 7 tapi harus dirangsang ya bu.. insyaallah kuat, semangat.. duuh dokter tuh bikin makin jatuh cinta aja, sabaaar banget nungguin pasiennya yang kepengenan normal, ngga beranjak dan bener-bener nungguin meski dia juga masih bawa-bawa bayinya. Mulailah itu jarum dimasukin yang ada kayak kerannya gitu tuh nak, aduh mamiy lupa apa namanya, pokoknya susternya bilang kalau udah pake itu nanti nggak usah tusuk berkali-kali, jadi langsung masukin obatnya lewat situ aja. Yaa mamiy nurut aja lah.. maknyeeesss. Abis itu dipasang deh perangsang alias induksi. Rasanya? ALLOHUAKBAR SUBHANALLAH ASTAGFIRULLOH.. mulesssssssssnya makin aneh, makin menjadi-jadi, mamiy ngerasa serba salah, mau miring kanan salah, kiri salah, sakit banget, kayak ada yang mau keluar tapi sakit, mamiy juga pipis terus, susternya bilang udah pipisin aja bu.. jadilah mamiy pipis ditempat..hihi.. basaaah semuanya, biarin deeh.. daripada harus pake kateter, ngeri.





Bidan selalu ngecek, megang-megang perut entah gimana dan apa maksudnya, terus izin lagi deh buat cek PEMBUKAAN! SIPPPPPPPLAAAAAAAAAAAAAH... bidan nggak kasih komentar apa-apa dan langsung manggil dokter Riyana. Dokterpun langsung merogoh mamiy lagi nak.. kali ini lebih lama, lebih dalam, lebih ngoyak-ngoyak. “sudah mau ke pembukaan 8, jalan lahir juga sudah lunak, tapi kok bayinya belum turun, kita coba liat ya, di USG dulu” YA ALLAH... kamu kenapa nak?

Setelah di USG dokter Riyana menjelaskan dengan sangat jelas dan logic, kira-kira begini kata dokter Riyana :

“Bu, bisa dilihat dilayar kalau kepala bayinya mendongak, ini bisa terjadi pada saat pecahnya ketuban dia salah memutar, makanya dia sulit turun ke jalan lahir meski segalanya sudah baik. Dan saya curiga ada lilitan juga dileher bu.. kita sama-sama tahu kalau usaha ibu sudah bagus, semuanya masih normal sampai akhirnya kita tahu seperti ini, kemungkinannya kalau masih mau menunggu saya tidak merekomendasikan karena air ketuban sudah pecah, mau divakum saya juga tidak merekomendasikan karena takut kena mukanya atau terjadi perobekan yang parah, dengan segala usaha yang sudah kita lakukan, di caesar aja ya sayang’”

Mamiy diem – Nangis – sambil meringis

“semua tahu kok usaha ibu, saya juga tahu ibu maunya normal, saya nungguin bu, saya tidak pergi, karena memang rencananya normal”

“mamiy teruuus diem...........inikah yang terbaik ya Allah?”

tidak ada ibu yang gagal karena lahiran secara operasi bu, perjalanan masih panjang, perjuangan ASI, merawat bayi.. “

“iya dok.. operasi aja”


Mamiy hanya memandang papiy, dia pasti yang shock karena sudah  memesan kamar VIP.. HAHAHAHAHAHAAA.. perjanjiannya kamu tau kan nak? Kalau caesar mamiy dapet kamar kelas 3. KITA MENANG BANYAK NAK.. huehehee...

Ah mamiy becanda mulu niiiy.. lanjut..

Akhirnya semua dipersiapkan untuk operasi caesar, mamiy dicukur-cukur sementara semua dokter yang terlibat dikumpulin. Efek induksinya belum ilang lohh nak.. ya ALLAH.. nahannya itu loh bikin mamiy makin ngga keruan, grasak grusuk terusss.. apalagi dokter anastesinya masih dijalan.. cakep!

Seinget mamiy, masuk ruang operasi itu jam 6-an.. dengan mengucap bismillahirohmanirohim mamiy didorong-dorong gitu ke ruang operasi. Sebelumnya mamiy dapet kecupan dari nenek.. “yang kuat ya teh, zikiran terus” blasssss air mata mamiy makin deres.

Masuk ruang operasi itu DINGIIIIIN banget, kayak masuk freezer. Mamiy ditaro dibawah lampu gede yang silau *macam di film-film* , ditelanjangin *ops* terus disuruh duduk sambil memeluk badan sendiri. yap.. mamiy mau disuntik anastesi.. rasanya? Ahh ga seberapa dibandingin episode obok-obok tadi.. sekejap saja angetttt menjalar keseluruh punggung, perut, kaki dan mamiypun pipis lagiiii.. *beseran* terus abis itu dipasang kateter *yak akhirnya pake juga*

Entah kenapa mamiy menggigil hebat, apa karena ruangan yang dingin? Aah enggak juga, ini menggigilnya lain.. nggak bisa ditahan, kelojotan kayak ikan nggak ketemu air, mamiy nanya sama susternya, “nggak apa-apa bu, itu efek anastesinya” , mamiy terus di iket tangannya, dipakein oksigen, ditutup setengah badan, jadi mamiy ngga bisa liat perut. Tapiiii, pantulannya ada diatas lampu nak.. ahhh mamiy memilih nengok kiri aja.

Dulu mamiy ngebayanginnya operasi caesar tuh serem naujubileh.. nyatanya?

Awal mau dimulai operasi susternya bacain kayak standart operasionalnya gitu, bacain nama-nama dokter yang terlibat, nyebutin alat-alat, alasan kenapa harus caesar, dan di count down gitu.. hihi.. terus pas dimulai susternya nyetel lagu one direction, ohh noo.. mamiy rasanya pengen nyanyi-nyanyi.. “you don’t know.. oooww... you don’t know you beautifuuuul” dokternya bilang “rileks aja ya bu, maaf kalau lagunya kayak anak ABG” aduh dokter, saya kan juga masih ABG, iya kan nak? ;p

Susternya ngasih tau kalau “bu, sebentar lagi bayinya mau dikeluarin ya.. do’a terus ya bu”
Aaahh nak.. nakkk.. sebentar lagi kita ketemu.. aaahh..

Eaaaakk eaaakkk.. oweeekk oweekk..

Dokter Riyana : “wushh bayinya lumayan gede ya, ada lilitan sekali dileher” sambil ngangkat kamu nak.

Alhamdulillah ya Allah... alhamdulillah.. Rinjani.. mana Rinjaninya mamiiiiiiiiiiiiiiiiyyy.. *air mata makin netes sambil terus menggigil”

“bu, dedenya dibersihin dulu ya, sebentar ya bu”

“iya sus”

Aaaaaahhh mamiy ngga sabar banget nak, mamiy nengok-nengok gitu, usaha ngintip mau liat kamu, tapi nggak bisa, tangan mamiy diiket naaak.. hiks...

Suster akhirnya deketin kamu ke pipi mamiy,

Assalamualaikum Rinjani... ini mamiy... mamiy cium-cium pipi kamu berkali-kali nak.. mamiy nggak nyangka banget, setelah menanti garis dua di testpack selama setahun, lalu kita berada dalam satu badan yang sama selama 9 bulan, merasakan semua yang mamiy rasakan, ngobrol lewat hati dijawab lewat tendangan kamu, dan setelah kita sama-sama berjuang melewati ini semua, mamiy bisa menyentuhmu nak.. SUBHANALLAH WALHAMDULILLAH... selamat datang ke dunia Rinjaniku..

Seketika sakit hilang

Seketika punya energi baru

Seketika aku jadi IBU




4 komentar:

  1. Hi, Teh Rieke! salam kenal dari silent reader. Aduhh baca ceritanya, sukses bikin mewek di pagi hari hhiks hiks. Suka sekali dengan ucapan dokternya (dan turut membenarkan),“tidak ada ibu yang gagal karena lahiran secara operasi bu, perjalanan masih panjang, perjuangan ASI, merawat bayi.. “
    Peluk cium buat Rinjani ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaaaaaaaa.. salam kenal juga.. aku juga silent reader blog km lohh.. hihi *toss*

      Iyes, bener banget say, kata-kata itu yang bikin aku kuat ngadepin selentingan miring soal cara persalinan operasi yg konon dianggap gagal/belum merasakan menjadi wanita seutuhnya. *huiks..

      Peluk cium balik dari Rinjani buat tante, semoga someday bisa playdate sama anaknya ya.. aamiin.. :* semangaaat!

      Hapus
  2. Ahh tetehh..senangnyaa!!! Aku follow blog-nya yah. Ditunggu postingan lanjutannya ya, sangat membantu buat newbie (calon) ibu ini..semangatttt!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupuuun follow blog kamuuuu... okey sayaang.. smgattt! :*

      Hapus