Jumat, 08 Agustus 2014

Pasca Sectio Caesarea (Ceritanya Melahirkan Part II)

Caesar = Belum bisa gendong bayi sendiri :')
Deuh gaya amat ya judul postingan ini, padahal ngertinya juga baru akibat googling. Hihi.. sedikit jelasin ya Istilah sectio caesarea berasal dari bahasa latin caedere yang artinya memotong, sedangkan definisi sectio caesarea adalah suatu cara melahirkan janin dengan membuat sayatan pada dinding uterus melalui dinding depan perut atau vagina. Haiss serem ya kalau denger atau baca-baca soal ‘sayatan’, jujur selama hamilpun aku jarang banget cari info soal caesar, karena bener-bener takut dan tekad normal. Namun apalah dikata, cara persalinanku harus dengan operasi juga, dimana ini pengalaman pertama kalinya ditusuk-tusuk, disayat-sayat, dimasukin antibiotik dan infus berkali-kali. Badanku termasuk yang alhamdulillah ngga ada masalah macem-macem, seumur-umur ngga pernah dirawat di RS atau terserang sakit yang harus dapet penanganan serius.

Melanjutkan cerita melahirkan Jani, setelah keluar dari ruang operasi aku masih juga menggigil tak tertahankan, efek dari anastesinya belum hilang. Rendra, mama, mama mertua, ayah mertua panik ngeliat aku menggigil gitu katanya “eh kenapa itu rieke kok menggigil?” kayaknya mereka ketakutan kenapa-kenapa abis dioperasi..hihii. Suster bawain lampu yang lumayan panjang 2 biji, dan aku disinar biar anget. Karena tadi belum sempet imd, dokter riyana langsung yang gendong jani buat imd, aah speechless, makhluk kecil imut nan lucu uget-uget didada kita, nyari nenen, dokter mencet-mencet nipple buat mastiin ASInya keluar apa enggak.. *awww sakit* tapi seneng karena dokter bilang “wah ASInya keluar ini bu” jani dideketin gitu ke nipple dan nyedot beberapa kali. Terus jani ditaro di dada lagi dan diem aja, bobook -_- naakk.. ayo sedot.. hihi.. kata dokter, biarin bu.. dia nyaman denger detak jantung mamanya seperti waktu didalam kandungan.

Baru beberapa menit imd Rinjani udah mau dibawa, katanya mau di observasi dulu sekitar 5 – 6 jam. Sementara itu yang aku rasain adalah ngantuk, “ma, ngantuk ma.. ma.. teteh tidur ya ma.. maa... ngga apa-apa kan kalau teteh tidur? ..... zzzzzzz”

Bener-bener kayak disirep, blassss.. tidurnya pules atau memang lagi-lagi dampak atau efek anastesinya mungkin ya.. aku kebangun beberapa jam dan udah nggak menggigil lagi, yang dirasa adalah haus, langsung minum teh manis anget segelas. Rasanya kaki masih baal dan belum merasakan nyeri diperut yang bekas disayat. Suster yang tadi nemenin operasi dateng dan bilang “ibu, kita bersih-bersih dulu ya” aku dilap-lap pake air anget gitu, badan di miring-miring kanan kiri, dipakein pembalut, digantiin baju. Wuii seger. Selesai bersih-bersih susternya mengeluarkan kata-kata “ibu, mulai sekarang ibu harus belajar gerak, kaki digerakin kanan kiri, diangkat, ibu jangan takut jahitannya robek atau lepas, jahitannya kuat bu, semakin ibu diem semakin sakit nantinya, tapi semakin ibu gerak, semakin cepet sembuhnya, saya kesini sejam lagi ibu harus bisa nekuk-nekuk kaki ya, kalau enggak ibu nggak dipindah ke kamar loohh nanti nggak bisa cepet ketemu dedenya” dan suster itupun pergi.

TERBENGONG

Semacam mau ujian praktek dadakan iniiihhhhhh? Huwaaa..

Tapi, kata-kata pamungkasnya itu loh yang bikin aku semangat buat gerak.. hap happ 1..2..3.. dengan segala daya upaya mau angkat kaki... hoooaah susaaaahh.. berattttt.. kayak didudukin gajah.. -__- Rendra aku suruh pukul-pukul kaki dan betis, “ayoo piy pukul.. biar kerasa ini kaki akuuu.. aku mau cepet bisa gerak.. aku mau ketemu Janiiiiiiiiiiiiii” yaaa.. yaaaaa... goyang-goyang.. yaaa.. yaaa.. nekuuukkk.. lurus lagi.. nekuk bentar... lurus lagi.. kaki jatoh aja gitu lunglai kayak ngga bisa dikendaliin. Tapi semangat terus membara... sampe keringetan dan akhirnya berhasil!!!!!!!!!!!!!!

Sejam susternya ngga dateng, aku udah ngga sabar terus nyuruh Rendra buat panggil susternya. Duuuh tuh suster nggak ada katanya, aah siapa kek suster yang mana aja deh piy panggilin. Akhirnya suster lain yang dateng “ada apa bu?” “sus..sus.. liat sus saya udah bisa gerak kakinya *sambil gerakin* saya udah boleh dipindah ke kamar kan?” “wah bu, saya tanya suster yang dampingin ibu operasi dulu ya..” yaaaaaaaaaaaaaaaaaah! Lama lagiiiiiii dooong!! ---____---- sampe hampir mau 2 jam nungguin nggak dateng juga.. itu suster pulang kali yak.. setelah maksa-maksa, susterpun ngebolehin aku pindah ke kamar yeyeyeyey.. aku didorong-dorong lagi naik lift dan masuk kamar.

Pas di kamar aku tidur lagi, mencharge mata buat menyambut Jani nanti dipelukankuuu.. maklum di RS Hermina bayinya rooming in diambil ke ruang baby buat mandi sama jemur-jemur aja.

Tok Tok Tok...

Suster dateng bawa bayi di dorong-dorong...

AAAAAAAAAAAAAHHH.. RINJANIKU........ langsyung aku minta mama taro dipelukan, nenenin.. ngeliatin sampe puasssssssssssss.. nggak lepas pandangan, ngga bosen mandangiiiiiiinnn foto-fotoin...... kamuu mirip papiy ya nak? *pasrah* hahahhaa... aaahhh... bahagia tiada tara.

Pertama kali foto bareng Jani (meski muka nggak nampak)

Selama di RS aku dikasih 2 botol infus bersamaan, katanya sih antibiotik, terus dikasih suntikan beberapa kali buat penghilang rasa sakit, obat minum juga, plus pelancar asi. Makan teratur, minum banyak, terutama air hangat, karena aku batuk-batuk dan itu rasanya sakiiit perih neken ke perut. Lagi-lagi efek anastesinya.. ya dinikmatin aja.

Hari pertama caesar belum boleh duduk apalagi turun dari tempat tidur, besoknya boleh mulai belajar bangun, duduk pelan-pelan, besoknya lagi mulai turun dari tempat tidur, jalan dikit-dikit, dan udah boleh mandi *dimandiin lebih tepatnya* huwaaaah.. happy banget bisa mandi & keramasan, soalnya sejak sebelum lahir hanya di lap lap aja. Yang agak susah justru pup *ops ngga ada kepengenan sama sekali, meski dipancing buah ini itu, akhirnya pake microlax dan beres. Setelahnya? Alhamdulillaaahh udah bisa aktifitas biasa, dan mulai normal kembali.

Jahitan alhamdulillah cepat keringnya, hari kedua dicontrol sama dokter riyana dan katanya bagus. Lepas jahitan seminggu setelahnya. OMG, kirain jaitannya langsung jadi daging, ternyata enggak. Udah ngebayangin sakitnya kayak apa ditarik-tarik benangnya. Pas hari H pencabutan jahitan udah meringis-ringis aja, tahu-tahunya prosesnya cepet banget, cuma ditarik kayak narik benang dikarung gitu, sekali tarikan. Sampe aku komen ke dokternya “udah dok? Gini doang?” huii gayaaa, nantang.. hahahaa.. terus dikasih salep pelembab buat diolesin disekitar jahitan. alhamdulillaaah... Everything is fine.

Nifas pasca caesar juga lebih banyak dan panjang *tapi tergantung juga sih, aku ngalamin sampe 50 hari-an. Saat kontrol sebulan setelah caesar, dokter bilang rahim sudah mengecil dan kembali kebentuk semula, nahh darah itu keluar lebih lama karena dilanjut mens. Subhanallah.. udah subur lagi aja *nenggak pil kb, eiya dikasih pil kb sama dokter sambil ngeluarin kata-kata wasiat :

“bu, inget ya, dedenya masih mungil, jangan ngandelin laki-laki yang emang mau enaknya aja, dari kita nya harus jaga, kasian kitanya bu, harus pake pengaman ya, terserah ibu mau kb, mau kondom, mau pil mau suntik, mau spiral. Oke? Sementara saya resepkan pil yang ngga bikin ASI seret”

“katanya kalau pil bikin gemuk, dok?”

“aahh mitos itu, kebanyakan ibu-ibu mikirnya kalau nete-in harus makan banyak supaya asi banyak, tapi nggak dibarengin sama olah raga, jadilah gendut”

“sipppppplaah dok”

Kesimpulan dari pengalaman aku sendiri adalah : nggak bener kalau ada yang bilang persalinan caesar mah enak, ngga sakit, tau-tau lahir, perempuan males ngeden, dokternya mau duit lebih, mau enaknya aja. dll.. hihi.. bagaimanapun caranya pastilah ada lebih dan kurangnya, ada situasi dan kondisi dimana pasti juga ada pertimbangan baik/buruknya, lagi-lagi semua tentu tujuannya demi keselamatan ibu dan anak. Jadi please stop nge-judge atau komen yang nyinyir soal caesar, kita sama-sama seorang ibu dengan proses yang berbeda-beda pula, tidak ada ibu yang lebih hebat dari yang lain, kita sama-sama hebat dengan caranya masing-masing.

Sedikit tips buat yang lagi mempersiapkan persalinan, bawa baju kemeja tangan pendek kancing depan ya.. aku kesulitan pake baju, soalnya nyiapin tangan panjang semua, dimana itu selang infus susah banget masuk *maklum rencana normal*, bawa kain sarung juga biar enak pergerakan buat ke kamar mandi, gurita yang instant (awalnya ngeri tapi justru enak pake gurita, jahitannya ngga kerasa sakit dan perut ngga berasa beleber), selebihnya ya biasalah alat mandi, pembalut khusus nifas, charger hp, bantal leher, bergo dll. 


Pengen juga review RS Hermina ahh.. ditunggu ya!



Love,
MiyR&PiyR&BabyR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar