Selasa, 21 Oktober 2014

R Kecil (5w)

Aamiin. :)
Kalau bisa bercerita tentang peliknya masalah yang saya hadapi dulu (sebelum hamil Jani), mungkin sehalaman blog ini juga ngga cukup, lagian mana juga ada yang mau baca? hihii.. singkat ceritanya, saya memang butuh proses 1 tahun tanpa pencegahan apa-apa, untuk mendapatkan rezeki anak dari Allah. Satu tahun bukan waktu yang sebentar, setidaknya bagi saya. Sepanjang waktu itu saya terus saja berikhtiar, berusaha, berdo’a tanpa henti, mencari refrensi sana-sini, bertukar pengalaman dan mempraktekannya. Tidak juga sedikit orang yang nyinyir atau bertanya nada sengau kayak “kok lama banget sih?” “kapan jadinya?” “ahh.. nggak tokcer nih” duhh.. buru-buru saya ngelus dada sambil ber-istighfar kalau denger kalimat begitu. Meski mungkin becanda, saya harus jawab serius bahwa itu tidaklah lucu.

Saya juga dituduh “susah punya anak” karena saya mengkonsumsi obat diet, yang notabene nya bukan obat diet siihh.. hanya peluntur lemak aja.. tapi yaaaa.. sangka-an sangka-an yang menyakitkan buat saya juga pernah saya alami. Rasanya gimana? Sedih jelas.. nggak terhitung berapa kali saya nahan nangis, lalu benar-benar nangis kejer saat sholat, sampai berdo’apun ngga kuat ngucap.. hanya nangissssss ajaa.. banjir air mata.. tapi saya tahu Allah maha mendengar.

Suatu hari entah apa yang saya pikirkan, saya ingin pergiii jauh rasanya.. saya berjalan kaki sendirian dari rumah, seperti orang linglung.. saat itu saya berucap dalam hati.. “Ya Allah.. hamba mohon maaf, hamba tidak sanggup lagi seperti ini.. tolong ya Allah.. kasih hamba satu saja alasan untuk bertahan.. hamba tidak kuat ya Allah........” kira-kira begitulah yang saya minta sama Allah sambil terus jalan kaki entah kemana.

Akhirnya.. satu alasan itu terkabul.. test pack muncul dua garis.. ya.. selang beberapa minggu saja dari kejadian jalan kaki. Saya sangat percaya kuasanya Allah.. semua yang bertanya nyinyir tadi boleh jadi diam seribu bahasa, tanpa saya balas ataupun menjelaskan apa-apa.

Waktu berjalan memang terasa cepat, saat ini saya sudah punya malaikat kecil yang ndut dan juga disayangi banyak orang, Rinjani.. kenapa saya namain Rinjani? Karena saya sangat tahu, Jani merasakan apa yang saya rasakan waktu hamil, dia ngga pernah nyusahin saya, dia mengerti keadaan saya, tidak manja, Jani itu kuat! Alhamdullillah.. saya ingin Jani nantinya jadi perempuan yang kuat, yang mandiri, tentunya juga indah akhlaqnya, dan sholehah. Aamiin.

Disela kesibukan kerja dan mengurus jani, cobaanpun datang kembali.. saya juga tidak mengerti, kenapa terjadi lagi.. kembali saya berada pada titik dahulu.. titik dimana saya mengeluarkan kata “Ya Allah... hamba tidak sanggup lagi seperti ini... Hamba tidak kuat ya Allah.. tolong hamba... hamba tidak tahu harus bagaimana dan mempertahankan apa?....”

Sepertinya saya stress, saya orangnya memang pikiran, apa-apa selalu dipikirin, saya tahu, yang sakit saya sendiri, yang pusing ya saya sendiri.. saya pengen banget bisa jadi orang cuek yang nggak peduli.. hiksss...

Singkat ceritanya (lagi) hari sabtu tanggal 11 Oktober, saya bertiga jalan-jalan. Niatnya mau iseng aja nge-mall, dan nggak biasa-biasanya pilihannya jatuh ke citos. Pas nyampe, saya baru engeh kalau citos medannya agak susah buat bawa stroller, banyak tangga, stroller barunya Jani juga berat, bapake nya udah males duluan ngangkatnya.. hehehe.. yawishlah saya gendong Jani pake ergo.

Sepanjang ngelilingin mall, Jani tidur pules digendongan saya. Sejam muter-muter kok rasanya pinggang saya mulai pegel, perut kok sakit.. aahh mungkin saya laper *eh tapi kan baru makan*, akhirnya saya nyemil donat, eh tapi kok sakitnya nggak ilang. Hmm.. pas perjalanan pulang, dimobil saya juga ngeluh ke suami.. perut sakiiit, mules aneh.. sampe dalam hati bilang “kok mulesnya kayak mau lahiran aja”

Sampai dirumah, saya bobo-in Jani dikasur.. dan tiba-tiba pas bangun.. blasssssss... seperti pipis yang ngga tertahankan... tapii keluarnya... daraaaaaaaaaah...

Panik pake banget.. ehh kenapa nih.. kok daraahh? Suami bilang, sisa haid kamu kali, ah masa sihh? Saya terakhir selesai haid tanggal 5 Oktober, selang seminggu aja bisa keluar lagi haidnya? Saya ngga pernah gini sebelumnya.. aneh.. ini aneh... saya buru-buru bersih-bersih terus langsung tiduran. lemessss sampe ke dengkul-dengkul.

Paginya, suami nyuruh saya periksa ke dokter, tapi ya namanya hari minggu, mana ada yang praktek? Akhirnya saya sms aja dokter kesayangan, dokter Riyana..

Me : 
Dok, pasca cesar 5 bln, biasanya mens teratur, terkahir sls mens tgl 5 Okt, tiba2 semalem keluar drh lagi, perut sakit mules gitu dok. Normal gak ya dok? Mksh dokter.

Dokter Riyana : 
Cek aja

Singkat banget ya jawabnya? Hehehe namanya juga dokter.. hemmppp.. cek nggak yaa?? Saya masih bimbang, karena udah nggak se-seger semalem darahnya, keluarnya flek coklat.

Hari senin, saya masih ngantor seperti biasa.. pas pipis.. keluar lagi darahnyaa.. aahh.. saya nggak pikir panjang, langsung daftar buat ke dokter. Duuhh mana nelfon RS Hermina nya susaahh banget, tutututt mulu.. jadwal dokter Riyana kan hari selasa pagi, harus bikin janji sehari sebelumnya dan pastinya antriiii banget, sedangkan saya telfon udah siang.. hiks... alamat nggak kebagian nomor deh-__-

Setelah nyoba telfon beberapa kali, nyambung jugaa... saya langsung bilang mau daftar

“mba, saya mau daftar ke dokter Riyana buat besok, masih bisa kan??????”

“masih bu, telfon kita lagi gangguan dari jam 6 pagi tadi kok.. tenang aja bu..”

Alhamdulillah.. *saya ngerasa ini ada yang rencana-in, bukan kebetulan telfon hermina nya rusak*

Hari selasa, saya izin nggak ngantor, karena saya kebagian nomor 7, jam setengah 12 siang.. mau ke kantor dulu nanggung, atau setelah periksa ke kantor juga nanggung.

Saya ke dokter ditemenin sama adik saya yang baru aja nikah dan langsung dikaruniai anak..jadi adik saya juga sekalian mau nanya-nanya kamar di Hermina.. hahaha *masih lama keleus dul*

Sepanjang jalan ngga kepikiran apa-apa, saya hanya ngebayangin curhat sama dokter, terus diperiksa, kata dokter enggak kenapa-kenapa, terus pulang deh.

Pas sampe.. seperti biasa saya ditimbang lalu tensi.. normal semua... saya nggak pake antri, langsung masuk..

“Assalamualaikum dok..”

“waalaikum salam.. kenapa kenapa bu?”

“saya yang kemarin sms dok, saya kan sabtu itu jalan-jalan gendong anak saya... bla blaaa..”

“terakhir mens kapan?”

“akhir bulan September dok”

“yuk kita cek yuk..”

Di kasih gel diperut.. lanjut USG dan...................


Lil' R - 5w


“ini sih kamu hamil............tuh ada kantongnya... masih berdenyut”

“..................................” bengong

“nihh.. ini yaa... udah 5 minggu”

“ah yang bener dok.. masa sih dok? Kok bisa??????”

“ya bisa, saya aja spiral jebol”

“tapi dok.. saya kan.. haid belum lama....”

“coba kita transvaginal ya..”

“....................................................................................................” bengong panjang

“tuh yaa... keliatan ya..... masih berdenyut.. kita ikhtiar aja ya bu..” 

ALLAHUAKBAR
SUBHANALLAH
ALHAMDULILLAH
LAAA HAULAWALAKUWATAILABILLAH....

“jadi kemungkinan kemarin itu kamu kontraksi, udah deh yaa istirahat aja dulu.. makan yang sehat-sehat.. kita ikhtiar ya bu.. rezeki, masih berdenyut bu.. dosa nanti.. saya resepin obatnya ya..”

“jarak yang dekat ngga apa-apa dok?”

“standartnya sih memang 1 tahun lah, cuma itukan teori, inshaallah nggak kenapa-kenapa, kita pantau terus bu.. ya semoga aja nggak ada apa-apa.. ngga ada masalah...”

“dokterrrr..... ini benerrr....”

“santai aja bu.. pasien saya juga banyak yang gini, malah ada yang jaraknya cuma 2 bulan.. bismillah aja..”

“kok bisa ya dok? Maksud saya, saya dulu aja mau hamil yang pertama nunggu setahun”

“ibu, mau dibilang keluarnya diluar juga jangan percaya lah.. satu tetes jutaan sperma bu.. apalagi udah ada jalannya.. udah pinter.. hehehe”

“gitu ya dok...” masih shock... masih kikuk..

“nanti kita pantau, kalau segalanya baik bisa dicoba vbac(normal), atau ya sectio lagi.. kita lihat aja lah baiknya nanti yah.. anak kamu berapa bulan deh?”

“bulan ini 6 bulan dok..”

“nggak apa-apa, dia udah mau makan ini.. dari sekarang aja belajar makan ya..”

“iya dok...”

“control 3 minggu lagi yaaa..”

“okee dok...”

“tapi kok saya nggak mual ya dok?”

“aah abis tahu ini kamu hamil juga nanti owak owek”

“hahaha...hehehe...hihiii............”

What should i say???

Allah.... ini kah jawabanMu lagi?

Saya seneng banget, jujur.. saya seneeeeeng dapet rejeki hamil lagi.. meski saya tahu, soal jarak atau apalah.. yang pasti saya seneng.. ini rezeki yang nggak pernah saya duga.. secepat ini..

Kabar ini harusnya jadi kabar bahagia, ya orang tua saya kaget tapi mereka happy-happy aja.. malah ngeledekin saya.. becanda-becanda.. sambil ngebayangin nanti lahiran bareng sama adik ipar saya.. lucu yaa.. hihii..

Karena penasaran, test pack deh.. *dodol ya hehe

Lagi-lagi bukan hidup namanya kalau hanya senengnya aja.. yang nggak seneng juga banyak.. ahhh.. saya lagi belajar ngga peduli nih.. toh, yang saya tahu, yang kasih saya rezeki itu Allah.. bukan mereka.. banyak yang iri sama saya, malah sampe-sampe bilang “aaah sini janinya buat aku aja ya miy” haiss.. jangan.. jani itu cinta pertama saya.. dia yang menguatkan saya, dia alasan saya bertahan..sampai saya tidak tahan dan diberi alasan lagi untuk bertahan.

Saya dituduh tidak sayang Jani, kasih sayang Jani akan terbagi, saya cuma bikin pusing karena nggak memperhitungkan kedepannya, saya nggak melakukan pencegahan sebelum ini terjadi, saya disuruh tanya ke dokter apa ada opsi lain? (astaghfirullah), yang lebih gilanya lagi...saya disuruh menjelaskan kronologisnya kenapa bisa “jadi”???!!!&%$@#

Bukan maksud membandingkan.. tapi....

Di kehidupan orang lain, ada yang menunggu sampai tua dan tidak punya anak.. ada yang punya banyak anak tapi tidak diurus, ada yang berikhtiar sampai ke negeri orang – mencoba berbagai metode, donor sperma??? Bayi tabung??? ada yang sudah punya anak satu mau punya dua tapi belum juga dikasih padahal jaraknya sudah jauh dengan kakaknya, ada yang gampang hamil tapi gampang juga keguguran, ada yang memang suka dengan anak kecil sampai udah punya 4 masih mau nambah 5.. dst..

Bisakah kita melihat keadaan tersebut dengan hati? Bahwa jalannya manusia berbeda-beda.. ada hal-hal yang memang bisa terencana, sesuai planning, tapi jangan lupa, lagi-lagi kuasa ALLAH diatas segalanya, rezeki Allah yang mengaturnya.. mau sedikit, mau banyak, bahkan tidak punya sekalipun bukan jadi ukuran kita tidak berbahagia.. kata Allah bersyukur saja.. maka nikmatnya akan ditambah.. kalau kita kufur? Azab Allah itu pedih.

Saya nggak ngerti harus ngomong gimana lagi, mungkin mereka lupa, kalau anak adalah rezeki, yang sepatutnya juga disyukuri, bukan dikufuri. Anak bagi saya adalah tabungan ke syurga.. karena bila saya tiada.. kelak dari tangan-tangan mereka lah do’a untuk saya dipanjatkan.. dari bibir mereka lah lantunan ayat suci al-qur’an mengalun menyejukkan.. anak-anak yang sholeh dan sholehah..aamiin.

Bukan saya membela diri, tapi kalau bukan saya siapa lagi yang bela coba? saya selalu saja dipojokkan.. yang saya bisa bilang : saya percaya Allah.. dan hanya sama Allah saya bergantung. 

"R kecil ku sayang.. kuat ya nak.. mamiy dan teteh Jani sayaaaaang banget sama kamuu.. Allah kasih takdir ini, berarti tandanya kita bertiga kuat ngadepinnya..  inshaAllah"

Lucuuuuukk! hihi..

Love ya'
MiyR&Rinjani&BabyR

9 komentar:

  1. Teteh rieke sayaaaang, selamat ya teh..sehat terus R kecil :*
    Aku haru banget baca posting ini teh..apalagi waktu baca.."hamba tidak tahu harus bagaimana dan mempertahankan apa?"..dan Allah memberikan jawaban menurut cara-Nya ya teh..Subhanallah..Yang kuat teh, many people lavyuuu *peluk*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih putri sayaaaaaaaaanggg.. aamiin aamiin do'anya. InshaAllah aku kuat ngejalaninnya. Kadang, memang Allah memberi jawaban dengan cara-Nya yang tak terduga, bahkan diluar nalar manusia.

      Salam cium dari jani dan R kecil buat onty :*

      Hapus
  2. Yang kuat mamiy,,,,,,onty luv u,,,,byk yang sayang mamiy jani n R kecil,,,,peluk cium sayang dr onty buat kalian bertigaaaaaaa,,,,, sayanggggggggg kaliannnnn :* :* :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. InshaAllah kuat ontyy... iyaaaaaah salah satunya ya onty yang satu ini.. selalu ada dalam suka dan duka.. hihi.. sayaaaaaaaaaaaaaang ontyyyyyyyyy.. :* ciumcium

      Hapus
  3. tetehhh,,,,*peluk*
    Semoga mama dan baby-nya sehat yaaa....ahh senangnyaa.
    *sodorin kaki biar diinjek dan ketularan hihih....ajaran jaman lawas etaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. *peluuuuukkkk*
      aamiiin aamiin.. makasih ya doanya sayaaaangg..sini sini aku injek.. aku sumpahin biar cepet nular.. *katanya kalau disumpahin lebih cepet ke kabul* aamiin.. hihi.. :*

      Hapus
  4. gpp teh....rame habis ni aplagi klo kembar wow....tpi hbis cesar ktany jrak hrus 3 thun bnerg ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduuuww.. aku ngga ada riwayat kembar.. eh tapi kalau Allah berkehendak apapun bisa ya.. hihi..

      dokter riyana bilang sih ya paling enggak 1 tahun, tapi tergantung lagi pd kondisi masing2 say.. alhamdulillah aku pemulihannya terbilang cepet. do'ain smuanya sehat dan lancar yaah.. aamiin. :)

      Hapus
  5. Amin...soalnya daku juga cesar...yo wes lah ayuk goyang cesar breng wkwk n blum KB...jdi agak tkut cz kdang bekas lukanya clekit2...n perut jga lum pulh...anak skrg 4,5 bln

    BalasHapus