Senin, 10 November 2014

Nursing While Pregnant

Source : Pinterest

Nggak pernah kebayang sebelumnya menyusui Jani bersamaan dengan kehamilan anak kedua. Sungguh sangatlah istimewaaaaaaa.. dan menuntut aku harus banyak tahu dan baca soal kasus begini.

Hal pertama yang aku lakuin sih nanya-nanya sama temen yang mengalami kejadian serupa. Namanya fitri, temen sebangku waktu kelas 3 SD.. huwaa temenan sama dia seru banget jaman dulu, banyak berantem soalnya dia galak dan akyu? Lebih sering yang nangis lebay tersakiti hahahaa.. tapi kita asyik bertemen sampe sekarang. Lanjuut yaa...  fitri bilang selama dia menyusui sambil hamil sih nggak masalah, cuma menjelang persalinan atau hamil tua harus hati-hati karena bisa memancing kontraksi dan rasa asi juga sudah nggak enak, anaknya yang pertama happy banget waktu adeknya lahir, karena rasa asinya balik lagi ke semula dan dia tandem nursing meski anak pertama sudah dua tahun umurnya. Fitri juga  bilang, seru ngurus anak seumuran, cape tapi seneng, mereka juga jadi kayak temen, berantem juga sih, tapi kakaknya kadang sok tua banget jadi gemesiiin. Iiiiihh baru denger cerita-cerita gini aja udah ngebayangin nanti-nantii.. *akuuh emak yg nggak sabaran*

Sempet blogwaking juga dan membaca pengalaman yang sama, situs-situs seputar kehamilan, forum ibu-ibu hamil, semuanya dibaca buat nambah-nambah info.

Bertanya sama dokter juga udah dilakuin, Dokter Riyana bilang ngga masalah nyusuin terusin aja.. kalau Dokter Elly bilang asal nggak ada masalah dengan Ibunya boleh juga nyusuin terus. Intinya sih balik lagi efeknya ke masing-masing ibu gimana.

So far yang terjadi, aku memang ngerasain banget produksi ASI menurun, yang tadinya sering ngalamin PD kenceng, sekarang nggak lagi, mompa juga ngga dapet banyak, kalau dulu dikantor bisa bawa pulang max 450ml sekarang? 200ml. Hemmm... tapi alhamdulillahnya Jani udah makan yaa.. dia juga ngga terlalu kayak dulu nyusunya.. kalau udah kenyang ya udah.. lebih sering nyusu kalau mau bobo aja.

Gimana nyiasatinnya?

Aku tetap nyusuin full setelah pulang kerja sampai besok paginya (pulang kerja jam 5, pergi kerja jam 8 pagi) plus weekend (seharian/sepuasnya), aku juga (akhirnya) siapin sufor dirumah dengan tujuan kalau asip habis, bisa dikasih sufor, kasian juga neneknya kalau Jani rewel kaan... inshaAllah ini yang terbaik, lagian beli satu kotak juga nggak abis-abis.. artinya semaksimal mungkin memang dibanyakin gizi mpasinya dan durasi nenen langsung.  Jani juga nggak doyan banget sama sufor, kalau ada mamiynya dia nggak mau dikasih sufor, pasti ngamuk (kayak udah ngerti).

Seberapa pengaruh menyusui dan kontraksi?

Memang pada saat LDR kerasa muleess yaa, entahlah memang disitu pancingannya atau bagaimana, yang jelas setelah kejadian pendarahan kemarin, Alhamdulillah hanya flek sedikit saja dan bahkan kadang nggak sama sekali. Aku terus afirmasi ke lil’r kalau dia harus kuat, ngalah sebentar sama kakaknya, inshaAllah mamiy makan dan minum vitamin biar kalian semua sehat.

Kapan Jani harus di sapih?

Huwaaaaaaaa.. jangan ditanya, ya kapan-kapan aja sapihnya, masih mau nyusuin janidut sampe dia bosen. Dan mudah-mudahan Janinya juga ngerti meski nanti perut mamiynya udah melendung.

Berat badan Jani?

Alhamdulillaaahhh meski banyak orang yang bilang, kalau ibunya hamil lagi dan anak pertama masih hitungan bulan, katanya anaknya jadi rewel, jadi males makan, jadi kurus, gampang nangis.. Alhamdulillah itu nggak kejadian sama Jani. Dia tetep makan lahap (puree buah, cereal, biskuit, air putih), dia tetep ceria, ngoceh-ngoceh terus, aktif, berat badannya pelan-pelan terus naik (meski nggak se-ekstrim saat ASIX) terakhir nimbang beratnya 9,2kg. Skali lagi, Alhamdulillah... makasih ya Nak.. makasih udah jadi anak yang gampang diurusinnya.. :*

Dan PeeR selanjutnya adalah tandem nursing ! happ.. hap... semangat... inshaAllah bisa.. inshaAllah dimudahkan. Aamiin.

 
Source : ayahbunda.co.id

Love ya,
MiyR&BabyR&lil'R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar