Selasa, 09 Desember 2014

MPASI Janidut (6-7 Months)


Udah tujuh bulan lebih dua minggu aja nih umurnya anak cantik Mamiy, ngga kerasaaaa *tahu-tahu besok udah punya adek* hehe.

Sebenernya dari kemarin-kemarin pengen banget bahas soal MPASI, meski ilmu saya nggak sedalam dan seahli ibu-ibu yang lain. Sering takjub sendiri sih kalau liat postingan ibu-ibu yang sampe bikin draft apa aja menu makanan yang mau dikasih perminggu-perbulan gitu. Haiiiss.. saya mah ngga gepe *eh apa keliwat males yaa? Hahaa.. pokoknya mah yang penting Jani kudu makan yang sehat-sehat.

Awal MPASI Jani di umur 6 bulan adalah puree buah, hasil nyimak timelinenya ayahAsi juga menyarankan buah untuk awal pemberian makan. Selain gampang untuk dibuat, buah juga gampang dicerna. Buah yang paling jani doyan itu pisang dan alpukat, mungkin karena teksturnya pekat yah jadi dia juga lebih kenyang. Buah lain kayak pear/jeruk baby juga doyan siihh tapi jadi kayak minum aja soalnya encer.

Cara nyajiinnya juga nggak pake blender, diparut aja, atau dikerok, dibejek, dialusin gitu.. pokoknya aku pake cara manual dulu, soalnya panas dari putaran blender bisa kenapaa gitu *lupa *eh tapi pernah baca dimana ya.. hahaaa.. *ibu macem apa sayaahhh-__- kebetulan juga dapet kado lahiran sepaket alat MPASI merk Pigeon, jadinya ya diberdayakanlah.

Beranjak ke angka 7 bulan, jani mulai kenal sama cereal, kenapa nggak tepung gasol? Apa sih tepung gasol itu? Bisa dibaca disini. Waktu konsul sama DSA, dia bilang mending cereal buat bayi aja bu, karena kandungannya memang dikhususkan untuk bayi, jadi tidak perlu khawatir sembelit. Hmm masuk akal juga sih, yawishh aku nurut, lagian aku juga dulu makan waktu kecil, insyaAllah nggak kenapa-kenapa, sewaktu-waktu juga kita nggak bisa nyajiin home made, jani juga bisa makan yang instant. Asal frekuensinya tetep banyakan home made nya. *plisss ibu-ibu penganut MPASI HOME MADE GARIS KERAS SAYA JANGAN DIKEPUNG!!

Lanjut ke bubur beras... niat hati mau beli Takahi slow cooker yang menjadi primadona dikalangan ibu-ibu, tapi si nenek langsyung bertitah.. “aahh dulu mama masak buat kamu nggak pake begituan, udah ngga usah” yayay! Makasiii neneeek.. hahaha.. bukan berarti saya emak males, tapi karena emang sekarang tinggal sama nenek, neneknya mau masakin juga, yaudah.. tenang deh. Alhamdulillah.. urusan bubur-bubur-an ada yang ngatur, mamiynya tinggal nyuapin ajah.. hap hap hap! Jani paling doyan sama ikan apalagi salmon *pinteeeerrr-cakeeeppp-tau aja yang mahal* dalam sekejap bisa ludyes dyes deh tanpa sisa.

So far alhamdulillah yah anaknya belum pernah GTM malah GBM mulu alias Gerakan Buka Mulut, heran sungguh.. Jani apa aja doyan, gampil, malah gragas.

Menu MPASI Jani

·         Karbo : Beras merah, beras putih, roti gandum.
·         Hewani : Ikan salmon, ikan tuna, ayam, hati ayam, kuning telur, daging sapi.
·         Nabati : Kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai (tahu/tempe).
·         Sayur : Brokoli, tomat, wortel, bayam, kangkung.
·         Buah : Alpukat, pisang, pepaya, pear, jeruk bayi, apel, buah naga, melon, labu kuning.
·         Instant/olahan : Cerelac, Heinz, Gerber, Keju Cheddar.

Yang perlu disiapin untuk MPASI

·    Karena aku nggak pake blender/food processor, jadinya siapinnya parutan, saringan, alat peras (buat jeruk), biasanya sudah ada sepaket, contohnya merk Pigeon ini.




·         Takahi Slow Cooker, helpful banget memang benda yang satu ini, tinggal celup-celup, nunggu mateng, jadi deh.. karena aku  nggak pake jadi ngga bisa review banyak. Ngolah buburnya masih pake konsep panci biasa dan juga kukusan.



·         Mangkok, duuh sekarang alat makan lucu-lucu deh yah.. kayak merk Avent ini.




·         Sendok, jani punya 6 jenis sendok makan, tapi yang paling sering dipake dan menjadi andalan adalah Tomme tippee yang heat sensing spoon/berubah warna kalau makanannya terlalu panas.



·         Gelas, karena dapet kado juga seperangkat gelas Pigeon, diberdayakan lagiii..



·     Tempat makan, biar nggak repot kalau pergi-pergi, sekarang ada tempat makan sekalian sama tempat sendoknya, praktis, punya jani merk Apple, kurang lebih penampakannya kayak gini.



·      Slabber, kebanyakan punya jani merk carter dengan motif unyu-unyu, sebenernya enakan slabber yang berbahan full karet sih, tapi apa daya jani ga betah, malah ditarik-tarik sama dia.



·         Tissue basah, harapannya adalah makan tanpa belepotan, tapi mana mungkin..jangan lupa di bersihin pake tissue basah biar nggak lengket.



·         Booster chair, dapet kado juga dari temen-temennya papiynya jani.. merk mastela yang bisa diextend ke kursi makan biasa.



Tips

·     Ajari konsep makan sejak dini, yaitu duduk dan menikmati makanannya. Awal-awal agak berdebat juga sama neneknya, karena kebiasaan nyuapin bocah kan digendong, jalan-jalan, sambil liat ini itu, oh no no.. alhamdulillah neneknya ngerti dan jani tiap makan ya duduk tenang di booster chair.

·     Variasikan menu, sebenernya ada metode makan 3 hari berturut-turut untuk menu yang sama untuk melihat apakah ada reaksi alergi. Tapi jani mah yaa kayaknya tiap hari juga kadang beda-beda, alhamdulillah sejauh ini tidak ada reaksi alergi apa-apa.

·     Frekuensi makan awal itu 2 kali sehari, lama-lama jadi 3 kali sehari yaitu sarapan, buah/cemilan, dan makan sore.

·        Bagi anak yang susah makan ya jangan khawatir ya ibu-ibu namanya kan belajar makan dulu, bayi juga butuh adaptasi, pelan-pelan aja, lama-lama dia akan mengerti, dan sebagai ibu juga pasti akan nemu celahnya, si bayi lebih suka jenis makanan apa.. lebih suka sambil megang mainan atau sambil diajak bercerita dsb.

·         Takut banget kalau jani sampai sembelit, tapi alhamdulillahnya lagi belum pernah, malah dia pup sehari bisa 2-3 kali, konsul ke DSA katanya bagus lah bu, daripada susah BABnya.. *iya juga sih, jangan lupa minum air putih setidaknya 100ml perhari atau makan buah yang bisa membantu memperlancar.



Selamat makaaaaannn!



See ya'
MiyR&Rinjani

8 komentar:

  1. buah pirnya boleh tau resepnya bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pir, aku pake pir xiang lie, dikupas, potong2, kukus smpe empuk, alusin, jadi deeeh.. qlo mau ditambah asip juga bole bun..

      Hapus
  2. anakq 6 bln susah maem macem2..pling dikerik pisang itupun satu buah gak habis...ohhhh..tpi BAB lancar sh tiap hari,,malah hbis mkan buah naga PUPnya ada biji2 buahny ya bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelan-pelan aja bun.. lama2 dia ngerti konsep makan itu apa, namanya juga belajar. bundanya harus sabar, semangat dan variatif kasih menunya. Iya bener abis makan buah naga malah jani pupnya agak pink.. :D

      Hapus
  3. dihalusinnya pke parut ato sendok bisa ya?kmren bikin gagal kyaknya kurang lembut..hahay

    iya nih maknya g mau ribet...jdi pgi maem pisang,,siang gak mesti...sore maem sun kacang ijo lumayn mau bun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. parut jg bole bun, itu dikukus supaya ngilangin getah sama getirnya aja qlo kata DSA ku sih..

      Hapus
  4. teh..ini aku mah malah bayangin pipi Jani pas baca postingan ini..gemesnyoooo :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dicubit2 centil kok ontyyy hihii.. :* muach

      Hapus