Senin, 26 Januari 2015

Perkiraan Biaya Melahirkan (RSIA di Ciputat dan Pamulang)

Urusan lahiran ternyata memang butuh pemilihan juga persiapan yang lumayan. Buat yang emang lebih rejekinya ya bisa dengan enak nunjuk RS juga kamarnya.. hahaa.. nah bagi yang nanggung kayak sayah ya kudu cerdas aja memilih mana yang sesuai dengan limit asuransi atau kalaupun ada tambahan biaya masih bisa terjangkau.

Pengalaman melahirkan Jani, memang agak “bablas” lebihnya, dipikir-pikir nggak apa-apa lah toh anak pertama ini.. jadi mutusin buat ambil kamar VIP dengan estimasi lahiran normal, kenyataan memang berkata lain, harus c-sect dan biayanya lebih besar lagi. Sempet shock ya.. namun kebahagiaan kami sungguhlah tak ternilai dengan nominal yang dikeluarkan.. sumfahh *benerin jilbab*

Untuk kelahiran kedua ini, aku lebih memperhitungkan segalanya, bukan karena apa-apa.. tarif melahirkan itu layaknya apartemen, harga naik setiap tahun , tanpa pemberitahuan dan presentase kenaikannya juga “lumayan”. Sebenernya mah udah cocok aja sama RSIA Hermina Ciputat tapi karena mau mempersiapkan kalau-kalau lahirannya c-sect lagi dan biaya melahirkan dengan kamar VIP itu sekitar 25 jutaan, so kayaknya harus mulai mencari RS lain deh.

Kenapa harus VIP? Bentar dulu, bukannya sok atau gimana yaa.. tapi namanya abis lahiran kita tuh butuh banget privacy, pengen istirahat, kalaupun berisik dan terganggu minimal sama keluarga sendiri. kebayang kalau harus berbagi kamar dengan ibu-ibu yang lain. Belum yang besuk banyak, mondar-mandir sana sini, aku kan juga berhijab, agak nggak bebaslah gitu. Minimal kelas I, kalaupun harus berbagi kamar ya cuma sama 1 orang atau sambil berdo’a-do’a juga nggak ada yang nempatin tempat tidur sebelah..hahaha...

Berbekal rasa penasaran sama beberapa RSIA diseputaran Ciputat-Pamulang, hari Minggu kemarin aku dan Rendra juga Jani keliling nanya-nanya perkiraan biaya melahirkan. Berikut info yang kita dapetin.


RSB Citra Ananda Ciputat



RSB ini masih terbilang baru, dan sepiii.. setiap lewat sini hanya terlihat beberapa sepeda motor dan mobil ambulance yang mejeng diparkiran. Lokasinya deket banget dari rumah, kalau dari arah ciputat nggak jauh setelah pertigaan Soerabi Bingung, kalau dari arah parung nggak jauh setelah SAMSAT.

Pas masuk kedalem kesan pertama adalah RS nya homey.. ditengah-tengah ada taman kecil gitu. Masih sangat sepi dan sederhana. Obgyn yang praktek juga baru 2 orang, dokter Ning dan dokter Ivander. Dibagian depan banyak terpajang foto-foto bayi 4D, kebetulan juga RS ini lagi promo screening 4D hanya 300rb sajah. Dan yang lebih membahagiakan melihat perkiraan biaya melahirkannya... sangat on budget



Tapi.......... asuransi Sinarmas/admedika belum masuk.. hiks.. kata mbaknya sih sedang proses, kalau berjodoh mudah-mudahan bulan 6 sudah kerjasama yaaa..


RSIA Permata Sarana Husada Pamulang.



Dulu banget, dokter Riyana pernah praktek disini. sekarang sudah enggak lagi. Hasil blogwalking ada yang share pengalaman ngelahirin disini dan kemudian penasaranlah pengen liat langsung RS nya.

Meskipun letaknya didalem komplek Pamulang Permai, RS ini menerima BPJS, ada fasilitas ambulance juga dan ada waterbirth (nggak tau sampe sekarang apa enggak). Pas mau masuk dari pintu samping eeehh dikuci, jadilah lewat pintu IGD *jreeengg, masa lewatin ruang IGD aja gituu, terus keliatan ruang operasi, langsung bangku-bangku ruang tunggu, kasir, ATM. Agak sumpek memang, nggak kebayang aja kalau pasiennya lagi rame.


Pake sinarmas sih bisaaa.. tapi biaya diatas belum termasuk biaya obat-obatan, dan apabila mau c-sect dihari libur dikenakan biaya tambahan 20%. Aihh mahal banget kayaknya lahiran weekend.


RSIA Buah Hati Pamulang




RSIA Buah Hati sebenernya ada 2, di Kedaung dan Pamulang. Karena nggak se-arah-an, jadi kemarin yang didatengin Pamulang aja. RSnya bagus lah yaa.. lumayan besar. Ada temen juga yang 2 tahun lalu melahirkan disini. Sekarang harganya sudah naik dan akan naik lagi per-1 Februari.



Pas ditanya kenaikannya berapa persen, si embaknya bilang kurang tahu. Tapi pengalaman 2013 ke 2014 sekitar 2 jutaan naiknya. Hemmhemmm.. dan harga itu belum termasuk visit dokter, obat-obatan dll. (kalau ibu dan bayinya sehat-sehat aja kira-kira nambah 2-4 jutaan).


Okay, segitu dulu info seputar biaya lahiran, ada beberapa RS yang juga udah ditanya via telfon, nanti dishare menyusul yah.



See ya'
MiyR

4 komentar:

  1. Inhale-Exhale liat biaya lahiran..semoga dicukupkan rezekinya ya teehh..aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nihhh.. kadang juga naiknya ga masuk akal seiring dengan komersilnya RS tsb..hehehe. aamiin ya Allah.. inshaAllah rejekinya ada buat lil'r dan lilov :*

      Hapus
    2. tante2, ibu2 numpang lewat, ijin share ya. Kebetulan saya baru usg di rsia vitalaya dan menanyakan harga sc. kamar vvip 10 jtan biaya kamar 500 per hari (kalo normal obgyn dan bidan 6 jtan), vip sama. terimakasih

      Hapus
  2. Mantab sekali.Bapak / ibu yang sedang mencari guru Les Privat di Pamulang dan Les Privat di Pondok Aren SD, SMP, SMA hubungi kami. trmksh

    BalasHapus