Rabu, 25 Februari 2015

Yang kepake yang mana? (Belanja Kebutuhan Bayi)

Yang ke pake yang mana?

Kira-kira begitulah yang terbesit saat pertama kali harus nyiapin keperluan Jani. Alhamdulillahnya nggak buta-buta amat soal perlengkapan bayi karena eh karena adekku ada 3 dan sepupu kecil-kecil semua (akyu cucu pertama) jadinya sudah familiar sama barang-barang kebutuhan bayi, nahh bagi anak bungsu pasti galau beliau banget yak *colek Neng Putri :D

Ceritanya kan udah ngelewatin tuh masanya ngurus Jani, boleh dibilang ada pengalaman lah yaa buat nge-share apa aja sih sebenernya yang kepake? mari kita bahas disinih *siapin pop-corn*

Topi

Nggak harus punya banyak, minimal punya, soalnya Jani gerah-an kadang ngga betah pake topi jadi punya 3 bijik aja cukup. Prefer merk carter sama mothercare (yang kebetulan beli satu set).

Sarung tangan/Sarung Kaki & Kaos Kaki

Biasanya ini sepaket sarung tangan dan sarung kaki motif polos, harganya juga murce-murce belasan ribu gitu deh, hanya kepake sampe Jani umur nggak lebih dari 2 bulan. Soalnya katanya bayi juga nggak boleh lama-lama disarungin, dia juga harus mulai meraba-raba, merasakan rangsangan, belaian dari Ibunya. Beli setengah lusin aja cukup, atau ditambah sarung tangan yang motif unyu buat pergi-pergi. Sarung kakinya juga nggak lama kepakenya, sebentar banget, prefer beli kaos kaki ukuran 0-6 bulan, punya jani merk Petite Mimi yang banyak banget tipenya buat baby cowo/cewe. lucuuk kayak pake sepatu dan kepake bangetttt (recommended).

Baju

Sudah pasti yang diburu pertama kali adalah baju-bajuuuu yang makin kesini model, warna, motifnya makin lucuu-lucuuu.. Tema warna kayaknya nggak usah terlalu mainstream deh, cowok harus biru,  cewek harus pink.. pake warna-warna kuning, hijau, orange, ungu, tosca, merah juga seruuu..hihi.. tapi perlu digaris bawahi yang paling penting adalah nyaman, bahannya adem, nyerep keringet, secara kita hidup didaerah tropis pis yang fanashnya amfun. Pilih bahan 100%  cotton, yang lembut, jangan yang kasar, beda harga dikit harusnya nggak masalah yah..

Baju new born pilih yang berkancing depan, supaya lebih mudah pakenya, kasian kalau dipakein kaos (kata aku loh), sekali lagi pilih yang bahannya adem..raba-raba dulu sebelum dibeli. Selain itu jumper/sleepsuit/romper bisa juga jadi pilihan, biasanya merk carter/next/mothercare yang sepaket gitu dengan motif yang ampuuun lucuknya. Tapi menurutku jangan beli banyak-banyak soalnya biasanya orang suka ngadoin ginian, dan kalau bayi yang cepet gedenya kepakenya nggak lama. Tau-tau udah ngga bisa dikancing pas bagian selangkangan..jadilah sayang kan.. pilih aja ukuran yang lebih besar jangan yang new born (maksudnya biar awet). Tangan panjang atau tangan pendek? Aku sih lebih banyakin yang tangan pendek.

Jaket/sweater/cardigan bayi juga perlu punya, tapi nggak perlu banyak, asal punya aja.

Popok kain/Diapers/clodi

Popok kain 2 lusinan kira-kira, soalnya kan kepake banget buat bayi baru brojol hehehe kasian soalnya kalau keseringan dipakein diapers. Mau pake clodi atau pospak sebenernya ya pilihan aja sih, kebetulan aku ngga pake clodi, jadinya nyetoknya mamy poko yang extra dry ukuran newborn.

Celana Pendek/Panjang

Karena awal-awal masih pake popok, dipakein celana pas umur 1 bulan lewat atau pas mau pergi aja.. banyakin celana pendek dari pada celana panjang. Karena Jani cewe, aku lebih nyetok banyak justru legging polos tutup kaki buat pergi-pergi, lucuk berbagai macem warna bisa di mix and match.

Gurita/Kaos Dalem

Perdebatan soal gurita juga masih seru, katanya nggak boleh karena justru kasian perut bayinya, sedangkan orang tua jaman dulu bilang kalau ngga dibedong  perut bayinya belber bleber.. nah lohh emang perut bayi begitu kok bentuknya hehe.. daripada panjang, yaa Jani sih pake sebentar aja (kalo ngga salah cuma sampe puput pusernya/pas lagi ketemu Nininya hahah) dan dipakeinnya nggak kenceng-kenceng banget, punya selusin aja cukup kok.. oya, ada juga gurita instan, tapi Jani ngga muat, strapnya nggak sampe alias kekecilan, mending yang tradisional ajah.

Trus lepas dari gurita Jani pake kaos dalem, sebenernya buat bayi yang gerahan juga ngga terlalu penting pake kaos dalem (kalo dirumah) tapi kebiasaan orang endonesah kalo ngga dikaos dalemin pasti komen “iih kok ngga pake kaos dalem??” jadinya kebiasaan pake deh.. punya banyak juga its oke, karena pastinya kepake.

Selimut

Ada dua model selimut, satu yang bertopi satu yang enggak. Jani punya merk Carter dua-duanya. Buat yang nggak bertopi aku pilih yang double fleece, lembuuut..udah gitu warna dan motifnya beragam.

Bedong

Bedong itu sebenernya istilah aja ya buat bayi yang dibungkus kain, nah kainnya itu justru yang sering disebut bedong. Pilih kain yang flanel/lembut, jangan yang kasar. Atau boleh beli yang kasar tapi jangan buat bedong, buat alas ompol aja hehehe. Ukurannya pilih yang besar yaa biar enak lilit-lilitnya. Merk carter adaaa, atau chaz yang polos dengan berbagai pilihan warna. Beli banyak juga kepake sih, sampe gede bisa dipake buat selimut, alas stroller, alas ganti popok, nutupin pas nenen, lap lap badan Jani kalo lupa bawa anduk hahahah.. dsb.

Bedong juga kini ada yang instan, Jani punya yang ada resleting didepannya gitu.. nggak kepake sama syekalih.

Perlak

Perlak yang heitsss dari jaman dulu itu tu yang bahan karet, nonjol-nonjol kecil, biru pink warna nya (bolak balik) tahu nggak? Kalau ngga tau kebangetan..hahah.. dipake buat mandi biasanya, kalau buat bobo aku pilih yang agak tipis aja banyak dijual ditoko bayi, motifnya sih nggak banget tapi bermangfaat, yang bermerk juga ada kayak carter gitu tapi yasutralah buat ompol ini.. lagian sama aja kualitasnya.

Bantal/Guling

Awal-awal kepake banget bantal peyang nya, lama lama bantalnya nggak kepake yang kepake gulingnyaa.. hehehe.. punya satu set aja cukup.. biasanya suka banyak yang ngadoin juga.

Sapu Tangan, Waslap, slaber dan Handuk

Sapu tangan beli 8pcs (satu pack) yang merk Gerber, lumayan lembut, nyerep, dan bisa dibuat waslap juga. Terus buat waslap jangan yang aneh-aneh, maksudnya yang ada bordiran/gambar/karekter gitu, pilih yang polos, lembut sama nyerep aja.. skali lagi lebih ke fungsinya. Punya 3pcs -6pcs cukup. Slaber dibutuhin pas bayi udah agak gedean kali yaa.. dan kepake bangetnya pas udah MPASI, punya 4pcs cukup.

Handuk juga sama, raba-raba dulu sebelum beli, paling males kalau handuk udah kasar plus nggak nyerep pulak. Punya 2 pcs handuk cukup.

Toiletries

Dari berbagaimacam merk aku pilih Zwitsal, secara disaranin sama kakak Dian Sastro haahha... *ditimpuk* nggak ada alesan gimana-gimana sih, cuma emang aku suka aja sama wangi-wanginya zwitsal yang kayaknya bikin keingetan mulu.. enak.. lembut.. lebih ke selera.. zwitsal juga punya varian produk yang banyaakk.. yang paling aku suka itu sabun 2 in 1 yang udah mengandung minyak telon, sama lotion anti nyamuknya.

Trus karena banyaaakkkk yang ngadoin sepaket toiletries merk yang lain, ya akhirnya dipake juga, daripada sayang, daripada mubazir. Selama cocok dikulit anaknya, kenapa enggak.

So, beli sepaket kayak bedak, shampo & sabun yang 2 in one (biar praktis), minyak telon, cologne, hair lotion, dll cukuplah.. jangan banyak-banyak, selebihnya pakein aja yang dari kado kado ituuhh.. oya, jangan lupa beli tempat bedaknya yang ada popokannya.

Bak Mandi

Aku beli yang nggak terlalu dalem, buat new born jadinya ngga pegel meganginnya. Atau sekarang juga udah ada baby bather buat dedenya ditaro pas mandi gitu.. tapi akumah nggak pake dan nggak genting juga, jadi punya bak aja udah cukup.

Cotton bud, kapas, kassa, alkohol

Standart lah ya harus adaa.. awal-awal juga bayi kalau pipis atau ee dilapnya pake kapas dibasahin aja, jangan keseringan pake tissue basah takut lecet. Biasanya aku siapin tempat kayak toples gitu dikasih air setengahnya lalu masukin kapas deh, jadi kalau dedenya pipis bisa langsung comot, praktis! (nyontek dari RS hahah). Trus kassa dan alkohol buat pusernya biar cepet kering dan puput.

Sisir & Gunting Kuku

Sisirnya yang lembut gitu ya pilihnya sama gunting kukunya yang kecil.

Sudocrem

Must have! Kepake banget buat ruam popok, atau misalkan kulit bayi merah-merah, kegores, atau bekas nyamuk.. cucokkkk! Beli dari sebelum ada Jani sampe sekarang Jani umur 10 bulan masih ada (dikit sih) hahahh.. intinya mahal tapi awet dan sangat bermanfaat.

Gelang anti nyamuk

Ini juga kepake banget secara nyamuk sekarang ganasss ganaasss! Buat bayi jangan dipakein ditangannya, cukup ditaro aja di deketnya nyamuk nggak mau deket. Jangan lupa buat ganti isiannya per 30hari.

Botol susu dll

Kalau ibunya selalu deket sama anaknya ya nggak perlu lah ya botol-botolan ini.. kalau ada rencana mau kerja atau mau nitipin dedenya  ya wajib punya. Dari berbagai merk yang ada, aku pilih avent dan pas pertama kali nyoba langsung cocok di Jani, jadinya nggak sempet nyobain merk lain deh.. aku beli yang satu paket udah ada botol 4 biji (2 ukuran), dotnya, sikat pembersih, empeng (yang nggak kepake).

Sterilizer dapet dari kado, pemanas susunya nggak perlu, cukup direndem pake mangkuk juga bisa. Pompa ASI sempet nyobain chicco dan IQ baby semuanya manual dan cocok-cocok aja. Botol kaca dan kantung ASIP nya juga beli banyak boleh buat persediaan. Cooler bag merk Gabag + ice gelnya. Nggak sampe nyewa-nyewa freezer karena masih cukup aja di freezer kulkas yang ada.

Saran sih yaa kalau peralatan menyusui beli dikemudian juga nggak masalah, karena pastinya ibu harus menyusui langsung dulu kaan biar pelekatannya bagus, mancing ASInya deres, dsb. Atau siapa tahu ada yang nawarin “mau dikadoin apa niih?” jawab aja pompa ASI! Kan lumayan hahaha..

Apron

Kain penutup buat nenen ini perlu nggak perlu sebenernya, karena aku juga kadang nggak nyaman kalau harus nenenin diruang terbuka. Lebih prefer ke ruang menyusui aja yang udah tersedia banyak di mall-mall, numpang kamar sodara kalau lagi bertamu (misalnya) atau dimobil.. hihiii.. tapi buat jaga-jaga ya punya 1 cukup.

Sabun cuci

Baik sabun cuci botol ataupun baju bayi aku pakenya merk sleek, karena gampang di dapet dan wanginya lumayan enak.

Bouncer

Karena nggak pake baby box, bouncer jadi sangat berguna kalau misalkan kitanya lagi ke dapur, kamar mandi/ninggalin dedenya bentar, dia jadi bisa main, geter-geter malah Jani sampe ketiduran lohh.. dipake pas umurnya udah 2 bulanan lebih karena posisinya agak duduk, jadi kalau ditaruh situ dari new born agak takut juga. Beli? Enggak dong.. dapet kado.. hihihi..

Gendongan

Jarik atau gendongan kain udah jadi the best gendongan in the world lah yaa.. tinggal slep slep jadi deh.. tapi sekarang kayaknya gengsi kalau pergi-pergi pake gendongan tradisionil.. gendongan sling bisa jadi pilihan.. mulai dari yang biasa sampe yang mihil juga ada. Kebetulan baru 1 bulan ini nyobain gendongan Baba Sling (kaweee) enak bingits.. ada strapnya dan busa dibahu jadi nggak terlalu neken pegel, secara 10kilo aja gitcuu.

Jemuran bayi

Beli yang kayak payung kebalik itu tuu, tapi pilih yang muat banyak yak.. punya 1 aja cukup, kan ada jemuran lain toh dirumah?

Diaper Bag

Ini juga salah satu yang banyak dikadoin orang. Tapiiii namanya juga emak emak banyak maunya yaa.. nggak suka aja gitu sama merk baby scoot .. ampuuun ahahah.. liat-liat diaper bag merk skip hop tuh rasanya ngiler pengen tapi berhubung harganya yang alaihim jadinya maju mundur cantik nggak jadi beli.

Agak maksa juga waktu akhirnya nemu merk okiedog (yang lagi sale), meski sale harganya juga lumayan buat tas doang.. karena akooh udah kepengenan yawish beli. Tapiiii ya emang ada harga ada barang, awet banget tas nya, masuk apa ajaaa, enteng, anti air, nggak gampang rusak meski kadang bawaannya nggak manusiawi. Hihii..

Oke, 1 diaperbag yang cucok dihatiii cukuuppp!

Stroller/Car Seat

Buat saya stroller perlu, setidaknya buat jemur pagi atau jalan ke mall.. ya kan ya kan? hehe pilih stroller yang sesuai budget aja, sekarang stroller udah macem-macem, yang roda 3, atau yang bisa madep depan-belakang, asal kitanya nggak ngoyo pasti nemu yang cocok. Kalau punya budget lebih yaaa monggo..origami atau stokke mungkin sis??? Nyiahahah..
Car seat awal doang dipake selebihnya Jani ngga betah (dan udah dijual juga), lagi coba nyari lagi..nanti direview deh kalau jadi beli.

Hosshh.. panjang benerrr postingan ini.. semoga nggak bosen dan sedikit membantu buat yang lagi galau beli-beli keperluan bayi *colek NengPutri lagiii hihii..

Intinya,

·         Semua kepake pada waktunya, nah waktunya ini nih sebentar atau bisa jangka panjang? Tipsnya jangan kelewat kalap segala macem mau dibeli, meski akupun tahu godaan kadang sulit ditepis, percaya lahh rejekinya dede itu pasti ada, kita belum beli eh ada yang ngasih, kita beli yang biasa eh ada yang ngasih lebih bagussss, udah beli banyak eh ditambahin lagiiii... hehehe.. seperti ituuuh..
·         Nggak apa-apa baju bayi awal awal itu-itu aja, nanti makin lama kan dedenya makin gede, kita juga tahu nih posturnya dia bagaimana, cepet endut atau enggak. Karena bayi ngga bisa ditebak-tebak.
·         Sekali lagi pilih karena bahannya, nyaman adalah segalanya buat makhluk yang kecil nan mungil.
·         Usahain kita udah nyatet apa aja yang mau dibeli, supaya pas belanja kitanya fokussss!
·         Kalau diliat-liat emang kayaknya banyaakk banget yang harus disiapin, nah itulah gunanya nyicil, sekarang apa besok apa, bulan ini apa, bulan depan apa.. tahu-tahu lengkap deh!
·         Jangan nolak kalau dapet lungsuran, selama masih layak kenapa enggak? Toh nantinya juga kita bakal ngelungsurin barang-barang yang kita beli kok.. karena anak kita nggak selamanya bayi :D
·         Di instagram juga lagi heitsss barang-barang second yang dijual masih bagus, mulai dari baju, mainan, stroller dll, mungkin juga bisa jadi alternatif. Atau jangan takut misalkan bayinya nggak betah distroller/bouncer bisa kita jual kembali.
·         Rental-rental peralatan bayi juga udah banyak pilihannya, bisa jadi alternatif juga kalau mau nyobain dulu sebelum membeli atau misalkan cuma butuh pake buat beberapa hari aja (travelling).

Berikut referensi ol-shop di Instagram

@lovely_lepetite
@burgersbabyshop
@mochitofuid
@milobabyshop
@bebemart_online
@bathikids
@little_sachi
@khaayacollection
@littlebathi
@mybabykingdom
@lumikbabyshop
@tocilbabyshop
@yukibabyshop

Dan berikut baby shopping list yang aku ambil dari blognya Kak Fifi 



Updated!

Pas banget aku nge-post ini, Kak Fi juga posting soal belanja kebutuhan bayi, dan baby shopping listnya juga diperbaharui. 


Semoga postingan ini membantu dan mencerahkan yaa..

Selamat belanja bumils!

See ya,
MiyR


15 komentar:

  1. Info yang berguna Teh! Dicontek ahhh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yay.. ayo mulai nyicil-nyicil beli bun.. *ngomporin* :D

      Hapus
  2. Teteh sayaaaanggg..aku padamuuuuu *peluk cium*
    Postingan yang sangat bermanfaat bagi calon emak-emak yang ga pernah ngurus anak bayi sama sekali

    Nuhun teehh!*print langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupuuuuuuuuuuuuunn.. *pelukpeluk*

      sami2 sayangggg.. smga yang ditunggu lekas mengucur... *byurrr :D aamiiin

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

  4. Perlengkapan bayi


    Sangat baik !!
    Oh ya, untuk bahan refrensi bunda semua yang ingin melihat produk branded, harga miring dan kualitas bagus dapat juga mengunjungi web kami


    Birds n Bees Online


    www.birdsnbeesbaby.com


    Keep sharing informasi baik :)
    ig: birdsnbeesbaby

    BalasHapus
  5. Mau kembangin berjualan atau kembangin jualan kami.
    yuk join di http://mutubiz.com/tr.php?mc=uk&pc=mn
    dan nikmati beragam kemudahan dalam berjualan.

    BalasHapus
  6. Yok buruan cuss yang udah pengen..haha
    nama bayi laki-laki

    BalasHapus
  7. Ahhh berguna banget! Makasih ya mbak :)

    http://faradiladputri.tumblr.com

    BalasHapus
  8. Kemaren abis beli online gendongan rainbow
    Eh tapi rada tipis ga memuaskan, kurang lembut

    Merk chaz Bagus ya? Tebal n lembut ga mbam

    BalasHapus
  9. ulasan menarik dan memberikan banyak pengetahuan tentang seputar kebutuhan bayi bagi ibu muda

    Kidz Toko Perlengkapan Bayi

    BalasHapus
  10. Thanks for sharing.. Mencari bahan sprei bayi polos untuk membungkus dan melindungi busa kasur anda?.. Intip koleksi produk kain dari Fitinline yuk..

    BalasHapus