Senin, 23 Maret 2015

USG 4D - 28 Weeks (Bladder Invasion)

Rencana mau USG 4D dikehamilan kedua ini bukan sekedar “gaya-gaya-an” tapi lebih ke kepastian akan kondisi dede juga segala didalam kandungan. Dokter Wisnu sebelumnya nyaranin kalau mau USG 4D 2 minggu lagi setelah konsul terakhir kemarin, oke aku langsung buat janji dengan beliau di RS Permata Ibu Graha Raya Ciledug.

Sama siapa kesananya? Sendirii ajaaa.. hehe.. kebetulan Rendra nggak bisa nemenin karena kerjaan. Modalnya cuma dua, nekad dan bismillah.. secara rada keder sama jalanan setelah ciledug situ, terus belum pernah sama sekali ke RS nya dan bayangan akan macet.. jadi langsung izin pulang cepet dan meluncur ke RS dari kantor.

Oiya, kantor sekarang pindah lebih deket dari rumah Mama, di daerah Joglo arah Universitas Mercu Buana, rejeki dede emang ya..jadinya mau ke Ciledug juga nggak perlu lewatin pengetesan tanah yang makin aduhai itu!

Lagi-lagi dimudahin sama Allah, enggak pake macet nggak pake nyasar.. tau-tau nyampe dan.. kecepetan aja dong dong! Sampe-sampe bagian pendaftarannya komen “ibu ngga ditelepon sebelumnya? Dokternya jam 4 atau setengah 5 bu..” yowis rapopo mbaaakk,, aku tunggu ajaaa.. hehehe…

Kesan pertama sama RS nya ya satu sepiiii.. enak banget nggak pake antri-antri. Dan segala sesuatunya masih terlihat sederhana. Timbangannya aja yang dibawah gitu.. meja susternya kecil, pasiennya juga nggak banyak. Tapi sudah masuk asuransi lho.. ya jadinya dibela-belain kesini supaya USG dengan dokter yang sama.

Setelah nunggu (jumpalitan-main hape-ke toilet-muter2) akhirnya dokternya dateng.. surprisingly dia ngenalin akyu.. *jadi malu

Langsung disuru tiduran dan mulai lah prosesi USGnya..

Secara general dedenya sehat, beratnya 1,4kg termasuk besar kata si Dokter, dan dede lagi bobok.. huks.. susah banget buat dibanguninnya.. dokternya sampe nyuruh aku sujud sebentar biar dia mau berubah posisi.. suruh miring kiri..miring kanan.. tapi.. tetap saja lah kurang maksimal dibagian wajah.. ah nggak apa apa.. udah keliatan sih mirip siapa *emaknya pasrah..


Dede....

Berlanjut bagian organ lainnya, Alhamdulillah normal.. dan insyaAllah jenis kelaminnya CEWE *horeee nggak disensor lagiii* hahahahh. Kenapa disensor? Ya pengen make sure sampe USG 4D, kali aja ada monas yang ngumpet, ternyata? enggak.. baiklah Papiy, selamat kamu menjadi satu-satunya cowok ganteng dirumah dan Jani.. kamu mau punya kembaran niiy..siap-siap pinjem-pinjeman baju yah.. :*

Lanjut lagi ke bagian placenta..

Placenta yang normal biasanya terletak diatas, namun pada kehamilanku ini letaknya dibawah, setelah minggu ke minggu dichek juga posisinya cenderung tidak berubah. Nah.. pada saat USG 4D inilah baru terlihat kalau Placentanya menempel pada dinding kandung kemih. Terlihat dilayar USG kalau ada tanda merah-merah gitu.. dokternya bilang nanti saya jelaskan lebih lanjut ya bu.. *tetiba deg-deg-an* saat terus melakukan USG dokter selalu menyelipkan pertanyaan “ibu umurnya berapa deh?” “ibu pernah ada riwayat transfusi darah?” “ibu ada alergi atau pernah sakit apa sebelumnya?”

Hemm.. ini dokter kenapa yaa..*makin bertanya-tanya*

Oke, lanjut ke meja dokter dan konsultasi dimulai.

Kurang lebih yang aku inget penjelasannya begini..

Antara placenta dan organ lain pada umumnya ada pembatas seperti selaput, jadi ketika placenta ditarik pada saat persalinan tidak mengganggu organ lainnya, namun pada kasus ibu selaput tersebut tidak ada, placenta menempel pada kandung kemih dan seperti mengakar, apabila ditarik maka berpotensi pendarahan yang hebat.. istilah kedokterannya bladder invasion mungkin butuh beberapa kantong darah.. dan saya butuh tim solid, peralatan yang siap untuk melakukan operasi ini.. ditambah dokter spesialis urologi untuk masalah penempelan dikandung kemihnya..”

“bengong”

“tapi kita liat ya bu perkembangannya diminggu-minggu kedepan bagaimana”

“masih bengong”

“ibu jangan panik gitu.. kita masih bisa lihat perkembangannya kedepan”

“terus dok, kemungkinannya apa? Ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko pendarahan tadi?”

“ibu orangnya panikan? Atau pengen tahu?”

“saya orangnya pengen tahu dok.. supaya saya lebih siap”

“kemungkinan terburuknya ya harus siap angkat rahim bersamaan dengan operasi cesarnya, untuk mengurangi resiko pendarahan hebat.. jadi penyayatan nya juga diatas bu.. kita selamatkan dulu bayinya.. baru kita “bereskan” masalah placenta dan lain-lainnya.. dan RS yang siap untuk operasi ini di RSUD Tangerang.. disana lebih lengkap”

“kalau sekarang-sekarang ini dok? Ada obat atau tindakan apa yang bisa membuat placenta bergeser atau..???”

“nggak ada bu.. nggak ada…”

“tinggal do’a aja kali ya dok..” sambil ketawa..

“iyaa semoga bisa berubah, jadi saya juga operasinya enak.. gini.. ibu coba ke dokter ... (lupa namanya) praktek di Eka Hospital, coba second opinion dari beliau, kalau dia bilang sama seperti yang saya bilang ya sudah bu.. kita siapkan yang terbaik”

“oke dok.. ya…” manggut-manggut dan nggak tahu harus ngomong apaa..

“nah ibu.. jangan stress jangan kecapean ya..jaga kondisinyaa.. vitamin masih ada?”

“masih dok”

“cukup untuk sebulan?”

“cukup dok..”

Lalu salaman.. dan

“tuh kan ibu belum apa-apa tangannya dingiiiiin.. udah jangan dipikirin ya bu..”

“aahh dokter bisa ajaaaaa…”

Urusan bayar-bayar selesai dan langsung pulang.

Diperjalanan pulang.. nangis sesengukan…. 

Saya bohong dok, saya bohong waktu saya bilang saya orangnya ingin tahu, saya justru orangnya panikkan, apa-apa dipikirin, parno-an..




Laa haula wala kuwwata illa billah……..



4 komentar:

  1. Tetehhooooo *berpelukan*
    Ayoo semangattt!!!! *ngomong ama diri sendiri juga*
    Dapet plus-plus nih dari Allah..in shaa Allah karena mau "naek kelas" yaa...
    Betul..Laa haula wala kuwwata illa billah…dipasrahin ama Sang Sutradara aja lah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. InshaAllah kita harus semangat terus yaa.. usaha terus.. pasti Allah kasih yang terbaik.. dan pasti kita mampu lewatinnya.. aamiiiiin...
      Ahhh andai bs peluk langsuuung...
      Peluuuuuuuuuuuukkkkk keceeenggggggg*

      Hapus
  2. Brp teh usg 4 d di permata ibu,.teteh semangatgggg

    BalasHapus
  3. Brp teh usg 4 d di permata ibu,.teteh semangatgggg

    BalasHapus