Rabu, 08 April 2015

Second Opinion - Dokter Yuditiya Purwosunu (Bladder Invasion part 3)

 


Seperti yang dokter Riyana bilang, aku sebaiknya ke dokter ahli Fetomaternal untuk lebih memastikan lagi tentang plasenta yang menempel ini. Tujuan pertama ke dokter Yudit, prakteknya di klinik Sam Marie Jl. Wijaya, kesana hari Sabtu pagi, meski pake nyasar dikit, akhirnya sampe juga. Namanya klinik ya tempatnya kecil sempit minimalis, tapiiii yang dateng mobilnya badus badus, didalem antriannya penuh, sedikit sumpek dan desek-desekan *macem angkot didengernya yak hahaa.. tapi bener lho, atau mungkin karena weekend juga.

Dapet nomor 4, dan dikasih tau kalau dokternya lagi ada operasi jadi agak telat dikit. Yawishh nunggu aja sambil deg-degan. Suami ngajakin jajan dulu didepan atau dikantinnya, aku nggak mau.. ahh jajannya nanti ajaaa, aku mau nunggu dokternya disini, dan suamipun akhirnya ngeliling sendirian.

Sekitar 30 menit nunggu, akhirnya dokter dateng juga. Antrian pertama dipanggil.. kedua nggak ada orangnya.. ketiga juga.. langsung aku.. ahh rejeki…

Pas masuk ruangannya, dokter Yudit udah siap didepan alat USG, jadi langsung nih dok? Padahal kirain mau pengantar dulu gitu, dari tadi udah siapin kata-kata kalau saya ini pasiennya dokter ini… kesini karena ini.. bla blaa…

Ternyata perbincangan itu dilakuin sambil USG, dan dokternya ampun deh jarang liat perut, liatnya banyak ke layar, sambil capture-capture semua.. gesit cepet… sambil ngobrol juga riwayat kehamilan sebelumnya dan lain-lain.. sampe tiba saatnya dia nanya, ibu ini anak kedua? Iya dok.. ibu umurnya berapa? 28 dok.. iya bu ini ada lengket hmm kalau saya perkirakan sekitar 5cm bu.. harus angkat dok rahimnya? Hmm kalau ibu nggak mau diangkat bisa kok.. hm.. disini disini masih ada celah..hemm.. bisa bu bisa kalau mau dipertahankan.. ini memang harus hati-hati, salah potong sedikit aja misalkan disini *sambil nunjuk layar* uhh darah nggak berenti ini pasti.. saya pernah operasi gini.. saya hobby sebenernya operasi-operasi begini.. *aduh dokteeeer* golongan darah ibu apa? O dok.. ya mungkin akan butuh transfusi ya sebaiknya dari keluarga *suami langsung usap kaki aku dan bilang “tenang ambil aja darah akuu” dalem hati maunya ambil atm km aja boleh? Hahahaa.. *istrinya udah stress*

Terus dilanjut konsul dan aku nanya macem-macem deh tuh, tapi dokternya jawab santai, tenang.. terus aku keceplosan dan bilang gini

“ jadi resikonya hanya ini dok?”

 “ya nggak ini aja bu, mohon maaf, banyak yang meninggal dimeja operasi”

 ”…….”

“saya bukan nakut-nakutin bu, tapi memang harus hati-hati memilih dokter, kalau mau sama saya operasinya di RS Hermina Bekasi, disana lebih siap.. ini nomor hp saya ibu bisa whatsapp saya kapan aja, ini juga saya kasih pengantar untuk cek lab, hasilnya ibu kabarin saya” sambil nulis no hpnya dibalik hasil USG.


Puas sih, penjelasannya lengkap dan kesimpulan yang ditulis juga jelas banget, pake ada grafik-grafik gitu yang nggak ngerti juga bacanya. Hehehe..

Oke, berbekal hasil USG dokter Yudit, akhirnya aku memutuskan untuk ketemu dokter Riyana dulu sebelum ke dokter Azen. Kalau dokter Riyana bilang hasil ini cukup, aku nggak jadi nemuin dokter Azen.

Huwaaa ke RS Hermina lagi,,, perasaan baru beberapa minggu nggak kesini, banyak yang berubah dari tempat susternya sampe PMOnya beda orang.. pmo yang biasa jadi dibagian pendaftaran.. aahh jadi berasa asing.

Tumben banget nunggunya lamaaaa.. sampe akhirnya dipanggil.. maklum laah pasien dokter Riyana emang banyak dan konsulnya juga nggak sebentar. Pas nongol diruangan dokter..

"siang dook.."

“hey... akhirnyaa ketemu jugaa, gimana hasilnya?”

“ini dok, saya nggak jadi ke dokter Azen, jadinya ke dokter Yudit”

“loh, kamu ke Bekasi?”

“enggak dok, di Sam Marie”

“oalah dia praktek Sam Marie jugaaa.. ya kirain dia jauh jadi saya ngga recommend”

Sambil liat-liat hasil USGnya..mulailah dokter menjelaskan panjang kali lebar, ditambah pengalamannya pada kasus-kasus seperti ini, ada yang terditeksi awal dan bisa prepare ada juga yang tidak terditeksi, jadi pada saat hari H nya kelimpungan karena tidak ada persiapan yang cukup. Secara garis besar sih dokter Riyana memang mengarahkan ke RS yang lebih siap, dan bukan di RSIA Hermina Ciputat, maksud RS yang lebih siap itu adalah bisa akses darah dengan mudah, karena pendarahan/darah keluar ya gantinya darah, nggak bisa yang lain, taruhannya nyawa dan kita harus berada ditempat yang siap untuk kemungkinan terburuk. Sekali lagi saya bukan nakut-nakutin, tetapi memang harus dipersiapkan segalanya. Dokter Riyana kasih pilihan buat ke dokter Chamim kalau mau di Fatmawati, atau dokter Gatot di RSCM sama di RS Kramat 128, kedua dokter itu ahli onkologi, ya sudah terbiasa untuk kasus-kasus operasi sulit. Tapi lama-lama ngobrol, dokter Riyana makin yakin rujuk aku ke dokter Gatot dan langsung nulis surat rujukan. Yak, resmi di “usir”  dari RS Hermina Ciputat. Huehe..


"Harus ke dokter Azen juga nggak dok?"

"nggak usah, ini aja cukup banget, sudah jelas.. kemarin itu saya mau mastikan saja, karena dokter Wisnu bisa USG 4D tapi bukan ahlinya"

Baiklaah dokter..

Oya, konsul kali ini aku rekam obrolannya biar bisa buat report juga ke keluarga, dan buat di denger lagi dengan seksama, mungkin aja pas ngobrol, pikiranku sedang melayang-layang.

Next, pe-ernya adalah.. nemuin dokter Gatot yang katanya baiiiik banget itu. Semoga.


KeepFighting!
MiyR&Lil'R



Just Info!
Klinik Sam Marie 
 Jalan Wijaya I No. 45, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12170
021-7200604
Tarif USG (print), Konsul dan Pendaftaran pasien baru +/- Rp. 975.000,-


14 komentar:

  1. Teh, baca ceritanya kok pengen aku culik aja itu dokter yudit *komen yang sungguh teu nyambung*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok kita culik dr yudit, biar neng putri bingung nanti dokter kesayangannya ngilang.. *hahahhaa btw kamu sehat? ddnya sehat?didoain sehat2 selalu yaah :*

      Hapus
    2. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
      BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

      Hapus
  2. dokter kesayangan akuuuuhhhh jgn dibawa kabur,,lilov mau lahiran sama om dokter yudiiiittt ahahaha..
    gelarnya dong gelarnya,keselek liat Ph.D-nya..*gelar kasur aja lo put*

    teteh, semoga dimudahkan segala-segalanya,sehat kuat terus teh *peluk dan didoain terus pokoknya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaa yg punya dokternya nongoool :P iyaiya inshaAllah lilov lahiran sm dr yudit ya.. titip cubit dr yudit yaa lilov :D
      km gelar kasur, aku pesen phd ajaaahhh.. *da aku mah apa atuh*

      Aamiin Allahuma Aamiin.. makasih doa dan supportnya bubu.. doa yg sama buat km yah :* smgat!

      Hapus
  3. aku jg fav ku dr yudith bun...orangnya enak di whatsapp jam berapa pun djawab. anak pertamaku bermasalah jantung...dan lahir dgn bantuan dr yudith.walau baby ku hanya bertahan 2 minggu dari lahir tp dr yudith sampe sekarang msih fine2 aja kalau di whatsapp seputar kehamilan. sekarang aku hamil kdua..semoga yang ini lancar..amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bun.. bener banget dokter yudith selalu siap sedia bales WA, aamiin insyaallah lancar selamat sehat semua ya bunda n babynyaa,. smgattt bun :)

      Hapus
  4. aku jg fav ku dr yudith bun...orangnya enak di whatsapp jam berapa pun djawab. anak pertamaku bermasalah jantung...dan lahir dgn bantuan dr yudith.walau baby ku hanya bertahan 2 minggu dari lahir tp dr yudith sampe sekarang msih fine2 aja kalau di whatsapp seputar kehamilan. sekarang aku hamil kdua..semoga yang ini lancar..amin

    BalasHapus
  5. Maaf bu bleh minta no tlp dr yudit ngga bu...

    BalasHapus
  6. Maaf bu bleh minta no tlp dr yudit ngga bu...

    BalasHapus
  7. bun boleh minta no. wa dokter yudit?

    BalasHapus
  8. Blh minta no wa dok yuditia bun?

    BalasHapus